Triwulan II-2015, BI Perkirakan Ekonomi Sumbar Membaik

Antara    •    22 Juni 2015 19:14 WIB
bank indonesia
Triwulan II-2015, BI Perkirakan Ekonomi Sumbar Membaik
Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Padang: Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di Sumbar pada triwulan II-2015 akan membaik dibandingkan triwulan I-2015 yang hanya tumbuh 5,46 persen.

"Triwulan II-2015 ekonomi Sumbar diperkirakan akan tumbuh pada kisaran 5,4 persen hingga 5,8 persen," kata Kepala perwakilan BI Sumbar Puji Atmoko, di Padang, Senin (22/6/2015).

Menurut dia, meningkatnya pengeluaran pemerintah dan investasi pada triwulan II-2015 akan menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi. "Lapangan usaha konstruksi serta lapangan usaha perdagangan besar dan eceran diperkirakan menjadi sumber utama pertumbuhan ekonomi Sumbar pada triwulan II-2015," ujar dia.

Ia menilai, membaiknya perekonomian pada triwulan II-2015 juga diperkirakan berasal dari meningkatnya belanja pemerintah dan investasi. "Berdasarkan pola historisnya, pengeluaran pemerintah mulai meningkat pada triwulan II-2015 khususnya berasal dari belanja barang," kata dia.

Menurutnya, hal yang sama juga terjadi pada penyerapan belanja modal, meski lebih terbatas, sejalan dengan lebih banyak proyek yang telah selesai melalui proses tender. Selain itu, investasi oleh swasta diperkirakan turut meningkat didasarkan pada meningkatnya kredit investasi secara signifikan pada triwulan I-2015.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Universitas Andalas (Unand) Padang Syafrudin Karimi menilai pertumbuhan ekonomi Sumbar relatif stabil sejak 2009. "Pertumbuhan ekonomi Sumbar sedikit lebih baik diatas angka nasional jika kita mengacu kepada angka pertumbuhan ekonomi," tutup dia.


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /