Pantau Anggaran Daerah, Ahok Harapkan Kerja Sama dengan BI

Antara    •    22 Juni 2015 19:51 WIB
anggaran
Pantau Anggaran Daerah, Ahok Harapkan Kerja Sama dengan BI
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok mengharapkan kerja sama bidang teknologi dan informasi dengan Bank Indonesia (BI) sehingga dapat mengoptimalkan pemantauan terhadap penggunaan anggaran di wilayah setempat.

"Kami juga ingin teknologi informasi BI dikombinasikan dengan IT kami. Kita ingin menjadi satu kesatuan, karena ke depan kita bicara IT. IT yang bisa menekan biaya kita," kata Ahok, dalam acara Peresmian Kantor Perwakilan dan Pelantikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Ia mengaku, pihaknya ingin belajar sistem teknologi dan informasi dari BI. "Yang terbaik secara institusi untuk sistem adalah Bank Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, salah satu sasaran teknologi yang ingin digunakan adalah untuk memantau pengeluaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) per hari. "Kami ingin setiap pengeluaran yang di DKI yang SKPD itu sore tutup buku seperti bank, jadi tidak ada lagi kesempatan sore memalsukan kwitansi," tuturnya.

Selain teknologi, ia juga mengatakan, pihaknya juga membutuhkan analisis dari Bank Indonesia untuk pengembangan ekonomi di wilayah Jakarta. "Investasi mana yang kira-kira tidak dilakukan pihak swasta, kami akan melakukannya maka kami memerlukan pengarahan dari Bank Indonesia," ujarnya.

Ia mengharapkan, nantinya kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta dapat memberikan hasil analisis terkait ekonomi Jakarta setiap bulannya.

"Kami setiap hari Senin ada rapat pimpinan. Jadi Bapak setiap sebulan sekali, berhak, dua kali sebulan, tiga kali sebulan atau tiap minggu kalau Bapak merasa perlu memberikan kami masukan yang penting, kami menyediakan waktu untuk rapat pimpinan," pungkasnya.


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /