BKPM Tindaklanjuti Instruksi Presiden Terkait Industri Perkapalan

   •    22 Juni 2015 19:56 WIB
bkpm
BKPM Tindaklanjuti Instruksi Presiden Terkait Industri Perkapalan
Foto Kapal, (ANTARA FOTO,Fikri Yusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta : Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merancang beberapa langkah strategis untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden Jokowi agar kebutuhan kapal dapat dipenuhi oleh industri galangan kapal dalam negeri.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan salah satu langkah yang akan dilakukan BKPM adalah mendorong industri galangan kapal nasional untuk meningkatkan utilisasinya sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan 
dalam negeri.

Franky merujuk kepada data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, proyeksi kebutuhan kapal di Indonesia mencapai 1.000 unit per tahun, sementara kemampuan galangan kapal dalam negeri saat ini baru mencapai 30 persen dari jumlah tersebut.

"BKPM akan mendorong investor yang baru masuk dan membutuhkan kapal untuk membeli dari industri galangan kapal nasional," papar Franky, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Dia menambahkan, langkah lainnya yang akan dilakukan BKPM  adalah membangun kerja sama dengan asosiasi industri kapal nasional untuk mengidentifikasi dan mendata kapal-kapal yang dibutuhkan namun belum dapat 
diproduksi oleh industri galangan kapal dalam negeri.

Lebih jauh Franky menjelaskan, data itulah yang akan menjadi basis BKPM dalam melakukan pemasaran investasi untuk sektor perkapalan.

"BKPM akan menarik investasi sektor perkapalan hanya untuk jenis kapal yang tidak bisa diproduksi dalam negeri dan investasi sektor perkapalan yang terintegrasi dengan industri komponen kapal. Mengingat, hingga saat 

ini 70 persen komponen perkapalan masih impor. Melalui dua jenis investasi tersebut, BKPM dapat memperkuat industri perkapalan nasional yang sudah ada," jelas Franky. 

BKPM sendiri memang menempatkan sektor perkapalan sebagai salah satu fokus dalam pemasaran investasi. Menurut Franky, industri perkapalan memiliki multiplier efffect yang cukup besar, baik dalam hal tenaga kerja 
maupun menggerakkan rantai industri sektor pendukungnya.

"Pertumbuhan industri perkapalan nasional juga akan mendorong perkembangan industri lainnya, seperti baja, komponen kapal dan sebagainya,” tutupnya. (MTVN/Arif W) 


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /