Pra-Muktamar NU Akan Digelar di Makam Bung Karno

Amaluddin    •    22 Juni 2015 22:38 WIB
muktamar nahdlatul ulama
Pra-Muktamar NU Akan Digelar di Makam Bung Karno
Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum KH Syifa Malik menunjukkan dokumentasi Muktamar NU, di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (20/6). Foto: Antara/Syaiful Arif

Metrotvnews.com, Surabaya: Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam kegiatan pra-Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama yang dilakukan di Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, 28 Juli mendatang. Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, tokoh nasional, dan ulama juga akan diundang dalam acara tersebut.

Kegiatan pra-Muktamar ini juga akan disandingkan dengan haul Bung Karno dan Hasyim Asyari. "Kami sangat berharap semua datang memperingati wafatnya dua teladan bangsa ini. Nantinya, masyarakat umum juga akan bersama kita," kata Ketua Panitia Daerah Muktamar NU, Saifullah Yusuf, di Surabaya, Senin (22/6/2015).

Menurut Gus Ipul, sapaan akrabnya, Bung Karno dan Hasyim Asyari merupakan dua nama yang tak hanya pahlawan, namun tokoh sentral dalam upaya memperjuangkan serta mempertahankan Indonesia.

"Kami juga ingin memberikan sebuah penguatan bahwa kita belajar kepada para pendiri republik ini, yakni Hasyim Asyari dan Bung Karno. Rakyat dan pemerintah saat ini harus berkaca pada mereka," tukas eks Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor tersebut.

Muktamar akan diselenggarakan 1–5 Agustus 2015 dan dibuka langsung Presiden Joko Widodo. Ada empat pondok pesantren yang nantinya digunakan sebagai arena muktamar, yakni di Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan, Pondok Pesantren Tebu Ireng, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, dan Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar.


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /