Jepang Peringati 70 Tahun Pertempuran Terdahsyat di Pasifik

Willy Haryono    •    23 Juni 2015 11:18 WIB
perang dunia ii
Jepang Peringati 70 Tahun Pertempuran Terdahsyat di Pasifik
Warga berdoa di depan monumen korban Pertempuran Okinawa di Itoman, Okinawa, 20 Juni 2015. AFP / TORU YAMANAKA

Metrotvnews.com, Itoman: Jepang merayakan peringatan ke-70 berakhirnya Pertempuran Okinawa, baku tembak terdahsyat di Perang Pasifik yang menewaskan 200 ribu orang. 

Perdana Menteri Shinzo Abe dijadwalkan berpidato di Itoman, sebuah area di ujung Okinawa. Di tempat itu, banyak warga melompat dari tebing, atau dipaksa melompat, karena prinsip militer Jepang yang menolak menyerah kepada musuh.

Selain melompat dari tebing, ada juga sejumlah warga yang ditemukan tewas di gua. Mereka bersembunyi dari bombardir pesawat AS di Okinawa. 

Ribuan pengunjung acara, sebagian besar korban selamat Perang Pasifik, berdoa di hadapan monumen hitam yang berisi nama-nama korban perang dan meletakkan karangan bunga, Selasa (23/6/2015). 

Lebih dari 100 ribu warga Okinawa dan 80 ribu tentara Jepang tewas dalam pertempuran selama 82 hari itu. Pertempuran Okinawa juga menewaskan lebih dari 12 ribu warga Amerika Serikat (AS). 

AS berusaha menguasai Okinawa untuk bergerak ke pulau utama Jepang. Namun invasi itu tak pernah terjadi karena AS sudah menjatuhkan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki. Jepang pun menyerah pada Agustus 1945. 


(WIL)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

3 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /