Ingat! Kepemilikan Asing di Properti Hanya untuk Apartemen Mewah

Suci Sedya Utami    •    24 Juni 2015 07:58 WIB
propertipajak barang mewah
Ingat! Kepemilikan Asing di Properti Hanya untuk Apartemen Mewah
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro akan menindaklanjuti keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengizinkan warga negara asing memiliki properti di Indonesia.

"Nanti kita tindak lanjuti dulu di (rapat) Menko Perekonomian," kata Bambang di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Selasa (23/6/2015) malam.

Bambang mengatakan, terkait tarif pajaknya tentu akan disamakan dengan kepemilikan tarif pajak kepemilikan dalam negeri. "Ya enggak dibedakan dong," ujarnya.

Dirinya menegaskan, izin tersebut hanya boleh menetapkan kepemilikan asing dalam bentuk hubnian mewah berupa apartemen saja, tidak boleh dalam bentuk rumah atau lainnya. "Pokoknya hanya boleh apartemen saja. Tidak boleh rumah, tidak boleh," tegasnya.

Terkait besaran harga yang dikategorikan mewah, Bambang menambahkan tentu harus menunggu aturan hukum yang akan dikeluarkan Presiden Joko Widodo. "Tunggu Keputusan Presiden," pungkasnya.

Sebelumnya, RI-1 mengizinkan kepemilikan asing di properti Indonesia. Dalam waktu dekat, Jokowi bakal merevisi PP Nomor 41 Tahun 1996 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh WNA yang berkedudukan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikam Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki usai mendampingi Jokowi bertemu Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estate Indonesia (REI) di Istana, siang kemarin.


(AHL)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /