Indeks Nasdaq Kembali Cetak Rekor

Ade Hapsari Lestarini    •    24 Juni 2015 08:11 WIB
wall street
Indeks Nasdaq Kembali Cetak Rekor
Aktivitas di bursa saham New York -- AFP PHOTO/JEWEL SAMAD

Metrotvnews.com, New York: Saham-saham di Amerika Serikat (AS) memperoleh keuntungan dengan indeks Nasdaq kembali mencetak rekor pada perdagangan Selasa waktu setempat.

Kondisi tersebut terjadi di saat investor terus menunggu kejelasan apakah Yunani bisa mencapai kesepakatan untuk mencegah default pinjaman. Demikian seperti dilansir Reuters, Rabu (24/6/2015).

Perdagangan pada hari itu terpantau cukup tenang, dengan volume perdagangan di bawah rata-rata. Sementara saham energi naik bersamaan dengan melonjaknya harga minyak mentah. Selain itu, kenaikan tajam dolar AS memberikan keuntungan yang lebih luas.

Sementara tidak ada perkembangan besar yang melibatkan Yunani, investor terus berharap bahwa proposal anggaran terbaru yang diajukan negara itu akan mencegah default lebih lanjut.

Yunani membutuhkan dana segar untuk menghindari default pada utang pembayaran senilai USD1,8 miliar kepada Dana Moneter Internasional pada 30 Juni. Ekuitas yang dimiliki Yunani membuat investor khawatir bahwa jika negara itu akan bangkrut.

Adapun harga minyak mentah berjangka AS ditutup naik satu persen menjadi USD61,01 per barel, menjelang data persediaan AS yang diperkirakan menunjukkan permintaan kuat untuk bensin.

Indeks energi S & P naik 0,3 persen dan merupakan salah satu sektor yang menampakkan performanya pada hari itu. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 24,29 poin atau 0,13 persen menjadi 18.144,07, S & P 500 naik 1,35 poin atau 0,06 persen ke 2.124,2, dan Nasdaq Composite menguat 6,12 poin atau 0,12 persen menjadi 5.160,10.

Nasdaq berakhir dengan mencetak rekor sementara S & P 500 ditutup 0,3 persen di bawah rekor tersendiri. Sekitar 5,4 miliar lembar saham diperdagangkan di semua platform AS. Menurut data pertukaran BATS, jumlah tersebut di bawah rata-rata per bulan sebesar 6,15 miliar lembar saham.


(AHL)


Video /