Menurunkan Berat Badan Selama Berpuasa

Meilikhah    •    24 Juni 2015 09:20 WIB
ramadan 2015
Menurunkan Berat Badan Selama Berpuasa
Salah satu pilihan menu pembuka puasa. (Al Arabiya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ramadan mungkin kesempatan bagi anda untuk menikmati menu makanan favorit setelah seharian berpuasa. Namun, Ramadan juga dapat menjadi momen naiknya berat badan anda jika pola makan tak dijaga. Ada beberapa cara agar berat badan anda tetap stabil atau bahkan turun selama menjalankan ibadah puasa.

1. Hidrasi
Meski tampaknya mustahil untuk mengonsumsi air pada siang hari, namun membuat tubuh terhidrasi dengan baik selama berpuasa bisa menjadi kesempatan bagi tubuh anda mengurangi berat badan. Sama seperti hari biasanya, tubuh anda tetap membutuhkan minimal delapan gelas air setiap hari. Jumlah itu bisa anda pecah menjadi tiga bagian, yakni dua gelas saat berbuka, empat gelas selama waktu berbuka hingga sahur dan dua gelas terakhir bisa anda konsumsi saat sahur. Perlu diingat untuk menghindari minuman berkafein karena bisa membuat tubuh anda ingin buang air kecil terus-menerus hingga anda kekurangan cairan.

2. Menu buka puasa seimbang
Di bulan Ramadan, metabolisme tubuh anda akan melambat dan menurukan jumlah energi. Untuk itu, cobalah menyiapkan menu berbuka puasa secara seimbang. Saat berbuka puasa tiba anda disarankan mengonsumsi buah kurma dan melanjutkannya dengan mengonsumsi sayur atau sup dari biji-bijian. Menu berbuka puasa yang kaya akan karbohidrat disarankan untuk anda lewati.

Ketika selesai dengan makanan pembuka, beristirahatlah sejenak agar makanan-makanan itu tak memenuhi sistem pencernaan anda. Bisa dilakukan dengan jeda salat dan berjalan kaki atau sekadar mengobrol ringan. Ketika anda siap untuk makan, pilihlah hanya satu menu hidangan utama dan kontrol porsi makan anda.

3. Jangan lewatkan sahur
Memang benar bahwa jam makan anda selama bulan Ramadan terbatas, tapi ini bukan alasan anda untuk melewatkan sahur. Melewatkan sahur hanya akan membuat anda lapar di hari berikutnya dan makan berlebihan saat berbuka puasa.

4. Tetap aktif
Puasa bukan alasan anda untuk tidur sepanjang hari atau bermalas-malasan. Anda tetap harus beraktifitas seperti hari biasanya dan usahakan menghindari terik matahari. Cara lainnya, setelah anda berbuka puasa ambil waktu sekitar 30 menit untuk melakukan senam ringan seperti sit-up, squat jump atau gerakan ringan lainnya.

5. Kurangi gula
Tampaknya, penyebab utama naiknya berat badan anda di bulan Ramadan bukanlan makanan yang anda makan saat berbuka. Tapi, konsumsi gula berlebihan melalui minuman atau makanan. Cobalah untuk mengonsumsi gula alami seperti dari buah-buahan, buah-buahan kering, kurma dan madu. Gula alami ini akan membuat penurunan berat badan anda sukses. (Al Arabiya)



(MEL)


Video /