Diduga Beracun, Tiongkok Perintahkan Penarikan Produk Susu Formula

Fajar Nugraha    •    24 Juni 2015 09:53 WIB
susu formula beracun
Diduga Beracun, Tiongkok Perintahkan Penarikan Produk Susu Formula
Deretan susu formula di Tiongkok (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Shanghai: Pengawas Makanan Tiongkok memerintahkan tiga produsen susu di Provinsi Shaanxi untuk menarik produksi susu formula untuk bayi. Pihak berwenang setempat juga diminta untuk menghukum ketiga perusahaan itu.

Susu beracun merupakan topik sensitif di Negeri Tirai Bambu, setelah pada 2008 terungkap kasus susu terkontaminasi melamine. Akibatnya, enam anak tewas dan menyebabkan ribuannya lainnya sakit.

"Jumlah asam nitrat berlebihan ditemukan pada lima produk susu bubuk yang diprodukai Shaanxi Guanshan Dairy Co. Ltd," ujar Badan Pengawas Makanan Tiongkok, seperti dikutip Reuters, Rabu (24/6/2015).

Menurut pihak pengawas, nitrat itu pada dasarnya tidak berbahaya, namun bisa beracun ketika terkait bakteri tertentu.

Sementara tingkat selenium yang lebih tinggi dari standar ditemukan di dua produk susu bubuk yang diproduksi oleh Xi'an Guanshan Dairy Co. Ltd dan Shengtang Industry Co. Ltd. Seluruh produk itu dibuat dari susu kambing.

Untuk kasus dua produsen susu terakhir, pihak pengawas makanan menyebutkan belum menyetujui selenium sebagai nutrisi yang tepat untuk digunakan dalam susu formula.

Atas peringatan ini pihak Shaanxi Guanshan Dairy menyatakan akan menarik produk susu mereka. Selain itu, produksinya akan dihentikan demi mencari akar permasalahannya.
(FJR)


Video /