Realisasi Kupedes Rakyat BRI Manado Capai Rp363,33 Miliar

Antara    •    24 Juni 2015 10:51 WIB
bri
Realisasi Kupedes Rakyat BRI Manado Capai Rp363,33 Miliar
BRI (FOTO ANTARA/Rani)

Metrotvnews.com, Manado: Bank Rakyat Indonesia (BRI) Manado mencatat hingga Juni 2015 realisasi Kredit Usaha Pedesaan (Kupedes) Rakyat mencapai Rp363,33 miliar.

"Realisasi Kupedes Rakyat sebanyak ini disalurkan pada 26.905 debitur di wilayah kerja BRI Manado," kata Pemimpin Wilayah BRI Manado Yoshua Palti, di Manado, Rabu (24/6/2015).

Yoshua mengatakan, program Kupedes ini baru diluncurkan pada Februari 2015 sebagai pengganti program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dihentikan sementara oleh pemerintah. "Pertumbuhan kredit Kupedes Rakyat di wilayah Manado cukup signifikan hanya dalam waktu beberapa bulan debiturnya bisa mencapai 26.905 orang," ujarnya.

BRI menghentikan penyaluran KUR sejak akhir 2014 sesuai dengan ketentuan pemerintah. Sebagai gantinya, BRI menyalurkan program serupa bernama Kupedes Rakyat. Debitur di Kupedes Rakyat, selain nasabah baru juga merupakan nasabah dari program KUR yang beralih.

"Mengingat potensi yang sangat besar, basis nasabah yang besar, dan kemampuan SDM BRI yang kompeten untuk menyalurkan produk KUR, BRI melakukan modifikasi KUR menjadi Kupedes Rakyat," jelasnya.

Seperti diketahui, mulai akhir 2014 kemarin, penyaluran KUR dihentikan oleh kementerian terkait. Itu sebabnya BRI menggantikannya dengan Kupedes Rakyat. Segmen pasar dan karakteristik Kupedes Rakyat ini sama dengan KUR.


(ABD)


Video /