Keceriaan Ramadan di Wilayah Perbatasan

Tri Kurniawan    •    24 Juni 2015 12:24 WIB
ramadan 2015
Keceriaan Ramadan di Wilayah Perbatasan
Kegiatan Ramadan di wilayah perbatasan. Foto: Dompet Dhuafa

Metrotvnews.com, Pontianak: Keceriaan saat bulan Ramadan sangat terasa meski berada di wilayah perbatasan. Anak-anak di kawasan Kuburaya, Pontianak, Kalimantan Barat, keliling kampung sambil memainkan rabana. 

Lantunan takbir dan salawat menggema. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program Ramadan Ceria di Perbatasan yang digelar Dompet Dhuafa.

Berbagai kegiatan lainnya seperti Pesantren Anak Ceria, Kado Ramadan Indah, Pembuatan Papan Afirmasi (Sepanjang Jalan Nasihat Motivasi), dan buka puasa bersama akan diselenggarakan selama Ramadan.

“Kegiatan berlangsung sejak awal puasa. Alhamdulillah semangat anak-anak hingga hari ini masih terlihat,” kata Ahmad Rizal Khadapi, dari Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa.

Pada Program Pesantren Anak Ceria, Khadapi menjelaskan, rangkaian kegiatan yang diikuti sebanyak 34 anak di antaranya salat berjamaah, training motivasi, lomba tahfidz cilik, lomba azan dan praktik salat. Menjelang akhir Ramadan, Program Kado Ramadan Indah akan digulirkan.

Kado Ramadan Indah merupakan kegiatan berbagi bingkisan sembako kepada masyarakat kurang mampu di kawasan tersebut.

“Selama Ramadan, kami juga akan buat kegiatan buka bersama. Untuk mempersiapkan kegiatan Ramadan ini, Alhamdulillah kita juga banyak dibantu oleh masyarakat setempat,” jelasnya.

Ramadan tahun ini, menjadi pengalaman berharga bagi Khadapi. Ia mengabdi selama satu tahun, menjalankan program-program SGI Dompet Dhuafa yang diamanahkan kepadanya. 

Di SD Negeri 12 Kuburaya, ia menebar manfaat kebaikan sebagai tenaga pengajar. Lewat ilmu pengetahuan dan ilmu agama, ia bercita-cita mencerdaskan generasi penerus bangsa di wilayah perbatasan dengan nilai-nilai semangat dakwah Islam. 

“Momentum Ramadan tahun ini menjadi awal yang tepat untuk saya menebar manfaat. Semoga niat baik ini membawa kebaikan bagi anak-anak didik saya,” kata Khadapi. 


(TRK)


Video /