Review Smartphone

Maaf Bukannya Jahat, Tapi Acer Liquid Z520 Memang Mengecewakan

Riandanu Madi Utomo    •    25 Juni 2015 00:42 WIB
review gadget
Maaf Bukannya Jahat, Tapi Acer Liquid Z520 Memang Mengecewakan
Acer Liquid Z520 hadir dengan flip cover

Metrotvnews.com, Jakarta: Ponsel Android memang telah banyak beredar di pasaran. Harganya pun bervariasi, mulai dari kelas pemula, kelas menengah, hingga kelas atas. Ketika membeli ponsel Android dengan harga tertentu, sudah sewajarnya bila sang pembeli mengharapkan fitur dan performa yang sesuai dengan harganya, bahkan bila memungkinkan bisa lebih dari yang diharapkan. Sayangnya, tidak semua ponsel sesuai dengan harganya.

Acer Liquid Z520 adalah salah satunya. Setelah beberapa kali pengujian, ponsel besutan vendor yang sangat dikenal dengan produk notebook dan PC-nya tersebut harus rela bertekuk lutut di hadapan para pesaingnya yang menawarkan performa yang lebih hebat pada rentang harga yang sama.


Desain

Secara desain, Acer Liquid Z520 memang memiliki bodi yang sangat anggun. Selain kokoh, Acer Liquid Z520 hadir dengan bentuk bodi yang pas dan sangat nyaman ketika digenggam. Ia juga hadir dengan tambahan lapisan garis berwarna abu-abu di bagian sisi bodinya yang menambah kesan bagus.

Acer Liquid Z520 juga memiliki penempatan tombol serta port yang cukup ideal. Baik tombol volume dan power terletak di samping sisi kanan dari ponsel ini, sehingga mudah untuk dijangkau. Sementara port USB dan port audio 3,5mm berada di sisi atas.



Sayangnya, Acer nampaknya sedikit keliru ketika memilih bahan untuk bodinya, terutama bagian belakangnya. Unit Acer Liquid Z520 yang kami terima memiliki bodi berwarna putih, dan warna tersebut sangat mudah terlihat kotor.

Permasalahannya adalah, Acer memberikan casing penutup dengan bahan yang memiliki tekstur seperti kain. Bahan tersebutlah yang membuat kotoran mudah menempel dan sulit dibersihkan dari bodinya, sehingga ponsel ini mudah terlihat dekil.



Tidak hanya itu, casing penutup pada Liquid Z520 juga telah digabungkan dengan sebuah flip cover yang terbuat dari bahan yang sama-sama mudah kotor. Flip cover tersebut juga terasa cukup mengganggu bagi kami, terutama saat ingin mengoperasikan ponsel ini dengan satu tangan. Flip cover tersebut juga mengganggu saat kami hendak mengambil foto dengan kamera utama, serta ketika hendak dipasang di tongsis.



Jika Acer menyediakan casing tanpa flip cover yang terpisah, kami sarankan agar Anda tidak menggunakan casing dengan flip cover, kecuali Anda memang jarang menggunakan ponsel tersebut.
 

Software & Antarmuka

Acer tak membekali Liquid Z520 dengan antarmuka khusus seperti yang banyak dilakukan kompetitornya. Mereka hanya terlihat sedikit memodifikasi tampilan Android KitKat. Beberapa bagian yang terlihat berubah di antaranya adalah tampilan lock screen, pengaturan instan, serta task manager. Selain itu, Acer juga terlihat mengganti beberapa ikon agar sesuai dengan tema yang dihadirkan dengan dominasi warna hijau.



Secara desain, kami memang cukup menyukai tampilan antarmukanya, terutama pada bagian pengaturan instan yang didominasi ikon minimalis. Tampilan minimalis tersebut dapat memudahkan penggunanya untuk mencari pengaturan yang diinginkannya dengan cepat dan tidak membingungkan.



Satu hal yang disayangkan adalah tampilan task manager yang berfungsi menampilkan aplikasi aktif yang Anda gunakan. Berbeda dengan ponsel lainnya yang tak membatasi jumlah aplikasi yang digunakan, Acer Liquid Z520 membatasi jumlah aplikasi yang aktif tersebut sebanyak hanya 9 aplikasi.

Sistem seperti ini memang berguna jika Anda tidak suka menggunakan ponsel untuk multitasking, namun di sisi lain akan merepotkan bagi Anda yang gemar menggunakan aplikasi banyak dalam waktu bersamaan.
 

Kamera & Video

Acer Liquid Z520 dilengkapi dengan kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP. Dari segi spesifikasi, keduanya telah cukup untuk memenuhi kebutuhan kegiatan foto standar. Ponsel ini juga telah dilengkapi dengan aplikasi kamera yang memiliki fitur cukup lengkap, mulai dari fitur filter foto, hingga pengaturan manual untuk ISO, white balance, dan warna.

Sayangnya, kamera Acer Liquid Z520 selalu menghasilkan foto yang tidak terang alias lebih gelap dari semestinya. Hal tersebut terjadi baik pada objek dengan pencahayaan terang sekalipun. Dalam beberapa kondisi khusus, hal tersebut memang dapat menjadi keuntungan tersendiri, tetapi di banyak kasus justru menjadi sangat merepotkan karena Anda harus mencari sumber cahaya yang lebih kuat dari biasanya agar hasil fotonya maksimal.



Acer memang melengkapi Liquid Z520 dengan sebuah LED Flash yang berdampingan dengan kamera utamanya serta fitur pengambilan gambar dalam mode HDR. Namun hal tersebut tidak mampu mendongkrak hasil foto ke kualitas yang lebih baik. Di beberapa kasus, pengambilan gambar dengan mode HDR justru membuat foto tersebut terlihat memiliki warna yang kabur.



Hal yang sama pun terjadi pada mode perekaman video. Meskipun dapat merekam dengan resolusi full HD (1080p), tetapi gambar yang dihasilkan masih terlihat gelap seperti halnya pada hasil jepretan fotonya.


Performa & Baterai

Acer Liquid Z520 terlihat sedikit lebih unggul dari saudaranya, Liquid Z500 dengan selisih beberapa poin pada setiap pengujian yang kami lakukan. Meskipun demikian, ponsel ini masih tergolong kalah jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya dalam hal performa. Hal tersebut terlihat pada pengujian dengan menggunakan 3DMark dan PCMark yang menujukkan bahwa Acer Liquid Z520 tak mampu melibas beberapa kompetitornya.





Kabar baiknya adalah kami sama sekali belum pernah mengalami crash ataupun hang ketika menggunakan ponsel ini pada mode pemakaian wajar. Berbagai aplikasi juga memiliki respons yang cukup baik, bahkan ponsel ini masih dapat diajak untuk bermain game berat seperti Asphalt 8: Airborne tanpa ada gangguan apa pun. Meskipun tentunya grafis yang disajikan tak memiliki tingkat detail yang maksimal.



Untuk ketahanan baterai, perlu diakui Acer Liquid Z520 tergolong unggul jika dibandingkan dengan kompetitornya. Dalam pengujian baterai dengan menggunakan PC Mark, ia mampu bertahan hingga 6 jam 5 menit, dan pada penggunaan wajar sehari-hari ia masih kuat menemani berbagai aktivitas kami seharian.


Kesimpulan

Acer Liquid Z520 adalah ponsel dengan desain yang anggun dan sangat menggoda untuk dimiliki. Sayangnya, ponsel ini memiliki berbagai kekurangan yang membuatnya harus bertekuk lutut di depan beberapa pesaingnya, yang bahkan hadir dengan strategi pasar yang agresif.
 
  Acer Liquid Z520
Prosesor Mediatek MT6582M @1,3GHz quad-core
RAM 1 GB
OS Android KitKat (4.4.2)
Memori Internal 8 GB
Kamera 8 MP (belakang), 2 MP (depan)
Dimensi 154 x 86 x 6,4 mm
Bobot 118 gram
Baterai 2.000 mAh removable battery
Layar 5-inci TFT LCD 480x854 pixel
Konektivitas GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
HDSPA: 900 / 2100 MHz
Harga Rp1.400.000

ACER Liquid Z520

 

6,1

  • + Desain bodi anggun
  • + Daya tahan baterai di atas rata-rata
  • - Bodi mudah kotor dan sulit dibersihkan
  • - Performa kurang bagus
  • - Kamera kurang memuaskan



(ABE)


Video /