Mantan Cabup Kuansing Laporkan Akil Mochtar ke Bareskrim

Githa Farahdina    •    24 Juni 2015 13:03 WIB
akil mochtar
Mantan Cabup Kuansing Laporkan Akil Mochtar ke Bareskrim
Akil Mochtar. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan pasangan calon Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Mursini-Gumpita melaporkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar ke Bareskrim Polri. Akil dilaporkan karena diduga menerima suap.

"Kami buat laporan pengaduan ke KPK pada Mei 2013, tetapi pengaduan tersebut sampai saat ini belum ada realisasi. Untuk itu, kami juga mengadukan ini ke Mabes Polri dalam dugaan suap yang dilakukan pada saat itu oleh Indra Putra terhadap Akil Mochtar," kata pengacara Mursini-Gumpita, Asep Ruhiat di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/6/2015).

Pihak Mursini-Gumpita, tambah Asep, memiliki bukti otentik berupa fotokopi bukti transfer dana senilai Rp2 miliar dari Indra yang merupakan keponakan Bupati Kuansing Sukarnis kepada pihak Akil. Bukti yang sama pun sudah diserahkan ke KPK.

Sengketa Pilkada, kata Asep terjadi pada 2010. Saat itu, Ketua Majelis MK adalah Akil. Saat sidang di MK, terdapat bukti jelas bahwa yang seharusnya menang adalah pasangan Mursini-Gumpita. Namun, kenyataan justru sebaliknya.

"Karena adanya bukti transfer, kami menduga ada indikasi suap yang diduga dilakukan pasangan Sukarnis-Zulkifli, ternyata bukti tersebut memang benar adanya. Kuitansi yang diberikan, yang kami terima saat ini bukti transfer tersebut, ditransfer ke rekening istri dari Akil Mochtar ke perusahaannya," tambah Asep.


(TRK)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

14 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /