Armida Alisjahbana: RPJMN Tidak Perlu Direvisi

Antara    •    24 Juni 2015 19:22 WIB
bappenas
Armida Alisjahbana: RPJMN Tidak Perlu Direvisi
Armida Alisjahbana (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dianggap tidak perlu merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, meskipun pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) ke depan diperkirakan masih tertekan dan menimbulkan deviasi dari target pemerintah secara jangka panjang.

Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Salsiah Alisjahbana menyatakan hal itu dan menyarankan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas melakukan penyesuaian di Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahunan yang disinkronkan dengan capaian perekonomian terakhir.

"Saya kira penyesuaiannya bisa dilakukan di RKP saja. Yang penting RKP jangan terlalu melotok terjemahan dari RPJMN, namun ada adjust atau penyesuaian," kata Armida, di Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Armida mengatakan, realisasi pertumbuhan ekonomi di triwulan I-2015 yang sebesar 4,71 persen, dan juga pertumbuhan ke depan yang diperkirakan masih melambat, harus diperhatikan Kementerian PPN/Bappenas untuk melakukan penyesuaian terhadap program-program dalam rencana kerja pemerintah selanjutnya.

Menurutnya, hal itu berkaitan dengan kemampuan pendanaan dari APBN untuk program-program dan kebijakan pemerintah. "Jika deviasi pertumbuhannya terlalu jauh dari target, Bappenas perlu melihat lagi. Perlu menghitung ulang program-program," kata dia.

Namun, menurut Armida, hal tersebut bukanlah hal baru. Di era kepemimpinannya di Bappenas, kata Armida, penyesuaian terhadap RKP juga dilakukan karena target-target dari indikator ekonomi makro sulit tercapai. 

Sekedar dietahui, sebelumnya, usulan revisi RPJMN mengemuka pada rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR RI mengenai Rencana Kerja Pemerintah 2016, Senin 22 Juni lalu. Usulan revisi RPJMN itu mencuat karena parlemen menilai deviasi antara target pertumbuhan PDB di RPJMN yang sebesar tujuh persen, dengan realisasi pertumbuhan ekonomi di triwulan I-2015 sebesar 4,71 persen, cukup jauh.


(ABD)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /