Ruki: Sistem Gaji Bobrok Bikin Pejabat Korupsi

Suci Sedya Utami    •    25 Juni 2015 04:18 WIB
kasus korupsi
Ruki: Sistem Gaji Bobrok Bikin Pejabat Korupsi
Pelaksana Tugas Ketua KPK Taufiequrachman Ruki. (Foto: MI/M Irfan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana Tugas Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki mengatakan sistem penggajian di Indonesia merupakan salah satu penyebab orang korupsi. Dia menilai korupsi bukan hanya tercipta bukan karena adanya orang-orang beri'tikad buruk.

"Korupsi banyak terjadi di Indonesia karena sistemnya yang enggak bagus, salah, filed system, wrong system. Sistem penggajian kita enggak beres," kata Ruki di hadapan pejabat negeri sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Keuangan saat penandatanganan komitmen Pencanangan Program Pengendalian Gratifikasi, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (25/6/2015).

Ruki menjelaskan, Presiden yang memiliki tanggung jawab utama dalam negeri ini, gajinya jauh di bawah gaji Gubernur Bank Indonesia (BI). Gaji pokok Presiden sebesar Rp62 juta, sedangkan Gubernur BI bisa mencapai Rp250 juta per bulan. Anehnya lagi gaji Gubernur BI pun masih kalah dibanding gaji para Dirut BUMN yang bisa mencapai Rp700 juta per bulan.

"Ini unfairness kalau Presiden diberlakukan seperti itu. Begitu juga dengan menteri yang gaji pokoknya cuma Rp19 juta per bulan. Sistem yang salah ini bisa menimbulkan korupsi kecil-kecilan," ujar Ruki.

Jika tidak diperbaiki, tambah dia, tinggal menunggu kehancuran negeri ini. Dia mengimbau pada pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk memperbaiki sistem yang berlaku.

Dia mencontohkan kasus yang baru terjadi di Musi Banyuasin (Muba), Palembang, Sumatera Selatan, dalam penyusunan  APBD. DPRD Muba meminta 3 persen dari jatah APBD sekitar Rp17,5 miliar. Kepala daerah Musi Banyuasin diperas oleh DPRDnya untuk deal-deal-an program.

"Sistem yang jelek dengan sikap yang serakah, halal dan haram diembat juga, kalau masing-masing entitas enggak peduli maka tunggu negeri ini hancur," pungkas dia.


(OGI)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /