Sidang Perdana Praperadilan Kedua Ilham Arief digelar Hari Ini

Deny Irwanto    •    25 Juni 2015 05:35 WIB
Sidang Perdana Praperadilan Kedua Ilham Arief digelar Hari Ini
Ilham Arief Sirajuddin (kanan). Foto: Mohamad Irfan/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dijadwalkan Kamis (25/6/2015) ini akan menggelar sidang perdana Praperadilan dalam gugatan kedua yang diajukan oleh bekas Wali Kota Makassar, llham Arief Sirajuddin.

Gugatan Praperadilan Arief terdaftar dengan Nomor Perkara: 55/PID.PRAP/2015/PN.JKT.SEL tersebut akan dipimpin Hakim tunggal Amat Khusairi.

Dalam agenda sidang perdana ini, Ilham dijadwalkan akan membacakan permohonan atas penetapan dirinya sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya, Ilham Arief Sirajuddin kembali mengajukan gugatan praperadilan ke PN Jakarta Selatan dengan termohon KPK. Arief tak terima kembali dijadikan tersangka.

Pengadilan sebetulnya sudah membebaskan Arief dari status tersangka. Pada praperadilan pertama, PN Jakarta Selatan memutuskan status tersangka Arief tak sah. Namun usai putusan itu, KPK kembali menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik) yang menersangkakan Ilham.

Salah seorang pengacara Ilham Arief, Deny Hariyatna mengatakan, permohonan gugatan praperadilan tersebut diajukan pada Selasa 16 Juni. 

Sebelumnya, PN Jakarta Selatan menerima gugatan praperadilan yang diajukan oleh Ilham Arief Sirajuddin dengan pihak termohon KPK. Dengan kata lain, penetapan status tersangka terhadap Ilham oleh KPK dinyatakan tidak sah.

"Menetapkan penetapan tersangka tidak sah, menyatakan tidak sah penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan, tidak sah pemblokiran rekening atasnama pemohon," ujar hakim tunggal Yuningtyas Upiek diruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Selasa 12 Juni lalu.

Ilham Arief Sirajuddin ditetapkan tersangka oleh KPK sejak sekitar setahun lalu, yaitu pada 7 Mei 2014. Arief diduga korupsi kerja sama rehabilitasi kelola dan transfer untuk instalasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar tahun anggaran 2006-2012.
(DEN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /