Kabareskrim Tak Mau Polisi Punya Keleluasaan Menyadap Seperti KPK

Desi Angriani    •    25 Juni 2015 16:41 WIB
revisi uu kpk
Kabareskrim Tak Mau Polisi Punya Keleluasaan Menyadap Seperti KPK
Komjen Budi Waseso. Foto: M Agung Rajasa/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabareskrim Komjen Budi Waseso mengatakan polisi tak perlu diberi kewenangan menyadap penuh seperti KPK. Pemikiran Budi Waseso tak sama dengan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. 

Menurut Budi Waseso, Polri kini memiliki kewenangan menyadap untuk kasus terorisme dan narkoba. Namun penyadapan dilakukan setelah penyidik mengantongi izin pengadilan. Sementara KPK tak perlu birokrasi untuk bisa mendengarkan percakapan orang lain di saluran telepon. 

"Sebenarnya begini, penyadapan itu menyangkut hak, harus diatur, tidak boleh sewenang-wenang. Jika tidak diatur, nanti siapa saja boleh disadap," ujar Budi Waseso di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (25/6/2015).

Budi Waseso menegaskan polisi tak usah diberi keleluasaan dalam menyidik. "Kita enggak ingin seperti itu (seperti halnya KPK). Nanti jadinya pelanggaran hukum, nanti orang jadi enggak bebas. Hak-hak pribadi terlanggar," ujar Budi Waseso.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti jusru menginginkan Polri punya kewenangan penyadapan setara dengan KPK. "Kami minta malah penyadapan kayak KPK kalau boleh. Kan beda kewenangannya, sama-sama penyadapan tapi beda antara KPK dan Polri. Kalau kita dikasih seperti itu, sangat bersyukur sekali," ujar Badrodin saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu 24 Juni.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla menyiratkan ketidaksetujuannya terhadap permintaan Polri yang ingin punya kewenangan yang sama dengan KPK terkait penyadapan. Menurutnya, penyadapan oleh lembaga penegak hukum justru harus diatur ulang. "Justru penyadapan itu harus diatur dengan lebih baik dan rinci. Supaya jangan melanggar hak-hak orang," kata JK. 



(KRI)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /