Pembelian Saham BWPT oleh Felda Tuntas Agustus 2015

Dian Ihsan Siregar    •    25 Juni 2015 16:41 WIB
emiten
Pembelian Saham BWPT oleh Felda Tuntas Agustus 2015
Saham PT BW Plantations Tbk disuspensi.Antara/Audy Alwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisaris Utama Eagle High Plantation Darjoto Setyawan mengatakan 37 persen saham PT Eagle High Plantation Tbk (BWPT) yang akan diambil Felda Global Ventures (FGV) Holdings Berhad akan selesai pada Agustus 2015.

Dia mengatakan direksi FGV sudah membayar uang muka sebesar 25 persen dari nilai pembelian atau senilai USD174,5 juta. FGV juga sudah mulai mengirimkan tim untuk melakukan due dilligence.

"Diharapkan proses ini selesai Juli. Persetujuan akhir dari transaksi akan diputuskan di RUPSLB FGV di Agustus nanti," ucapnya usai acara paparan publik perseroan di UOB Plaza, Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Dia menuturkan pembelian 37 persen saham BWPT senilai dengan nominal USD680 juta yang  terdiri dari gabungan dana tunai serta kepemilikan saham di FGV. FGV akan menjadi pemegang saham yang signifikan di BWPT dan bakal bermitra dengan Rajawali Group. Nilai itu dengan menggunakan asumsi harga jual saham sebesar Rp780 per lembar.

"Padahal harga pasar Rp450 per lembar, Itu harga pasar wajar yang sudah kami sepakati," jelas Darjoto.

Group Rajawali masih tetap menjadi pemegang kendali BWPT meskipun 37 persen sudah diambil oleh FGV. Akan tetapi FGV tidak memiliki kontrol sehingga tidak ada perubahan susunan direksi dan perseroan hanya akan  menambah satu komisaris dari FGV dan menambah jumlah komisaris saat ini yang jumlahnya mencapai lima orang.

Dia menuturkan penguasaan teknologi, keahlian pengelolaan sektor hilir serta jejak rekam global yang dimiliki FGV menjadi sumber ketertarikan utama Rajawali untuk bermitra. Melalui kemitraan ini akan tercipta efisiensi dalam kegiatan operasional.

"Kemitraan ini akan semakin meningkatkan kemampuan teknis dan menciptakan proses transfer pengetahuan, seperti bidang teknologi perkebunan dan research and development," pungkas dia.

 


(SAW)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /