BPOM Musnahkan Obat & Makanan Ilegal Senilai Rp27,6 Miliar

LB Ciputri Hutabarat    •    25 Juni 2015 18:52 WIB
obat berbahaya
BPOM Musnahkan Obat & Makanan Ilegal Senilai Rp27,6 Miliar
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparingga. (Foto: MI/Atet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memusnahkan obat, makanan dan produk kecantikan ilegal bernilai Rp27,6 miliar dengan membakar produk di halaman kantor BPOM. Barang ilegal itu didapat dari hasil operasi dari tanggal 9-16 Juni dalam rangka Operasi Pangea VIII bersama 115 negara di dunia.
 
“Operasi ini didasari pada cyber crime penjualan produk obat dan makanan yang terus meningkat. Khususnya diperdagangkan secara online," kata Ketua BPOM Roy Sparringa di Kantor BPOM, Jakarta Pusat, Kamis (25/6/2015).
 
Obat dan makanan ilegal ini berasal dari 32 perwakilan BPOM di Indonesia. Tangkapan BPOM tak sebatas obat dan makanan, namun juga sejumlah produk ilegal.
 
"Tak hanya obat biasa, juga obat tradisional, suplemen kesehatan serta alat kecantikan. Macam-macam juga kasusnya. Ada yang tanpa izin edar, ada yang kadaluarsa, ada yang ditambah-tambahkan dosisnya," jelas Roy.
 
Total produk farmasi yang diringkus bernilai Rp16,6 miliar dan alat kesehatan Rp11 miliar. Sementara itu terdapat 77 website penjual produk ilegal maupun penjual jasa aborsi yang telah diserahkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk ditindak.


(FZN)

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah
Jelang PGS vs Celtic

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah

1 hour Ago

Paris Saint-Germain punya kans lebih besar untuk membantai wakil Skotlandia itu Parc des P…

BERITA LAINNYA
Video /