Jelang Lebaran, BI Minta Warga Waspadai Penukaran Uang Palsu

Aditya Mahatva Yodha    •    25 Juni 2015 19:07 WIB
uang palsu
Jelang Lebaran, BI Minta Warga Waspadai Penukaran Uang Palsu
Salah satu tempat penyedia jasa penukaran uang di pinggir jalan Kota Malang, Metrotvnews.com/ Aditya Mahatva Yodha

Metrorvnews.com, Malang: Menjelang Lebaran, penukaran uang marak terjadi di pinggir jalan. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Jawa Timur, Dudi Herawadi, pun berpesan masyarakat lebih berhati- hati dan teliti saat menukarkan uang keperluan Lebaran.

Masyarakat perlu berhati-hati. Sebab, penukaran uang tunai di pinggir jalan berpotensi menjadi cara mengedarkan uang palsu.

"Jadi, BI mengimbau agar masyarakat menukar uang tunai berbagai pecahan di kantor cabang bank umum atau BPR yang ada,” kata Dudi di Kantor Bank Indonesia, Jalan Merdeka, Kota Malang, Kamis (25/6/2015).

Selain terhindar dari uang palsu, penukaran uang pada bank juga tidak merugikan masyarakat. Mereka tidak dikenakan biaya karena nominalnya tetap.

Kondisi ini berbeda, jika masyarakat memilih menukar uang tunai kepada pihak di luar bank, seperti yang beredar di jalan- jalan. Biasanya, penyedia uang untuk ditukar mematok harga lebih tinggi. Sehingga nominal uang yang ditukar itu tak sama.

“BI juga mengimbau masyarakat memperlakukan rupiah dengan baik, tidak disteples, diremas, agar masa edar uang lebih lama,” ujar Dudi.


(RRN)

Video /