Ian lahir dan Besar di Sebelah Rumah yang Dibakar

Ilham wibowo    •    25 Juni 2015 19:36 WIB
perampokan di jakarta
Ian lahir dan Besar di Sebelah Rumah yang Dibakar
Rumah rumah mewah di Jalan Siaga I RT01/05, Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang terbakar--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Dede Heriyan alias Ian, 38, diketahui lahir dan besar di Jalan Siaga I RT01/05, Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Namun belakangan Ian tidak tinggal di sini.  

"Ian itu tinggal di sebelah rumah yang dibakar ini," kata salah satu warga yang enggan disebutkan namanya, Kamis (25/6/2015).

Wanita setengah baya ini menuturkan bahwa Ian bukanlah seorang satpam, namun hanya seorang penjaga kosnya. Ian juga kerap mencuri "Dia bukan satpam, hanya penjaga tempat indekos. Hanya beberapa kali ke sini. Tadinya dipercaya mengelola indekos, tapi sekarang enggak soalnya suka ngumpetin uang kos dulunya," ucapnya.  

Pantauan Metrotvnews.com, warga yang penasaran masih mengerubungi rumah yang terbakar itu. Rumah tersebut masih dikelilingi garis polisi.

Dede Heriyan alias Ian, 38, membakar rumah di Jalan Siaga I RT01/05, Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dia membakar rumah setelah mencuri ratusan lembar uang dolar AS senilai Rp3 miliar beserta sejumlah peralatan elektronik.

Ian membunuh Ariani, 35, pekerja rumah tangga di rumah tersebut. Ian nekat menghabisi nyawa korban dengan menusukan pisau 15 kali ke bagian perut.

Setelah itu Ian membeli 2 liter bensin dan membakar rumah untuk menghilangkan jejak. Pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga rumah kos di samping rumah korban kemudian kabur usai memastikan lokasi telah dilalap api.

Polisi menangkap Ian di Depok, Jawa Barat, hari ini sekitar pukul 02.45 WIB. Dia dicokok saat tidur dengan posisi uang dolar curian digunakan sebagai bantal.


(YDH)

Video /