PM Papua Nugini Sebut Indonesia Jadi Anggota Melanesia Spearhead Group

Fajar Nugraha    •    26 Juni 2015 09:47 WIB
melanesia spearhead group
PM Papua Nugini Sebut Indonesia Jadi Anggota Melanesia Spearhead Group
Pemimpin Melanesia Spearhead Group tandatangan komunike (Foto: ABC Australia)

Metrotvnews.com, Port Moresby: Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neill mengeluarkan pernyataan bahwa Indonesia akan menjadi anggota dari Melanesia Spearhead Group (MSG). MSG adalah lembaga yang diisi oleh negara-negara di Pasifik.

Pernyataan dari O'Neill dikeluarkan sebelum komunike bersama antara negara-negara MSG. Namun O'Neill menegaskan bahwa para pemimpin MSG sudah membuat keputusan untuk menerima Indonesia sebagai anggota dalam KTT yang sedang berlangsung di Honiara, Kepulauan Solomon.

Meskipun O'Neil sudah mengeluarkan pernyataan, komunike antara negara anggota MSG baru akan dibacakan pada Jumat (26/6/2015) ini.

Menarik lagi, O'Neill menyebutkan bahwa sebuah organisasi Papua Barat bernama United Liberation Movement for West Papua, akan diberi status sebagai pengamat dalam KTT ini. Sebelumnya organisasi itu mengajukan diri sebagai anggota.

"Perwakilan terpilih dari berbagai Provinsi Papua di Indonesia akan menjadi wakil Indonesia di forum MSG tersebut," ujar PM O'Neill, seperti dikutip ABC Australia Plus, Jumat (26/6/2015).

O'Neill menambahkan United Liberation Movement akan mewakili warga Papua yang tinggal di luar Indonesia.

MSG dikenal sebagai sebuah organisasi antar pemerintah, bagi empat negara Melanesia di kawasan Pasifik yaitu Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Organisasi mirip ASEAN ini dibentuk pertama kali pada 1983.


(FJR)

Video /