Nikmat Berpuasa Bersama Si Jabang Bayi

Meilikhah    •    26 Juni 2015 09:58 WIB
ramadan 2015
Nikmat Berpuasa Bersama Si Jabang Bayi

Metrovnews.com, Jakarta: Sebagian besar perempuan muslim di dunia memilih tetap berpuasa selama bulan Ramadan meskipun dalam kondisi hamil. Padahal, Islam dan syariatnya telah meringankan beban wanita hamil untuk tidak berpuasa dan bisa menggantinya di hari lain.

Agar selama berpuasa kondisi tubuh ibu dan bayi tetap sehat, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter apakah masih memungkinkan untuk tetap berpuasa. Selain itu, pastikan anda untuk memanjakan diri selama berpuasa. Sebab hal ini akan berdampak langsung bagi kesehatan si jabang bayi.

Usahakan untuk membuat diri anda tetap bahagia dan dalam kondisi mood baik. Selain menyehatkan, ini juga akan membantu ibu hamil tetap nyaman beraktifitas. Selalu ingat untuk tetap makan pada waktunya. Tak ada alasan bagi ibu hamil untuk tidak makan saat waktu berbuka dan sahur.

Konsumsilah makanan sehat yang bisa melepaskan energi secara perlahan, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan kering, daging yang dimasak, buah aprikot dan telur.

Hindari makanan manis, karena mereka menyebabkan kadar gula darah naik dan bisa membuat ibu hamil pusing. Saat berbuka puasa, hindari makan dalam porsi kecil. Upayakan untuk makan sesering mungkin sedikit demi sedikit secara teratur hingga waktu sahur serta perbanyak air putih.

Meminimalisir kegiatan berat yang biasa dilakukan sehari-hari dapat membuat tingkat kelelahan ibu hamil berkurang. Jangan lupa konsumsilah suplemen gizi seperti zat besi, kalsium, asam folat, mineral dan zat gizi lain yang dibutuhkan selama kehamilan dan konsultasikan dengan dokter. (Onislam)


(MEL)


Video /