Cara Menghadapi 'Politik' di Tempat Kerja

   •    26 Juni 2015 10:59 WIB
karier
Cara Menghadapi 'Politik' di Tempat Kerja
Politik di kantor bisa menghancurkan karier. (Foto:telegraph.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak hanya di pemerintahan, politik dalam dunia pekerjaan pun sering terjadi. Persaingan dengan rekan kerja atau atasan merupakan alasan terjadinya politik di lingkungan pekerjaan.

Menjadi terbaik merupakan kebutuhan akan kekuatan, posisi, uang, atau hanya keserakahan. Politik yang terjadi di tempat kerja jika tidak ditangani dengan baik bisa memicu kekacauan dalam hidup Anda.

Mari hadapi politik kantor dan jangan menghindar dari hal tersebut. Tapi, itu tidak berarti bahwa Anda harus melawan satu per satu mereka yang di kantor. Maka dari itu, beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda dalam melawan politik kantor dan merasa terus dicintai oleh semua orang.

- Terima

Sebuah perang akan Anda menangkan saat Anda menerima dan mengakuinya. Saat Anda sedang terlibat atau diseret dalam politik kantor, poin utamanya Anda harus menerima dan mengakuinya. Kemudian mulai menganalisis apa akar penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya. Sadarilah bahwa setelah titik ini Anda memiliki kesempatan baik untuk menghadapinya.

- Menjadi netral

Ini baik untuk memiliki pendapat sendiri tetapi tidak baik jika dalam keadaan apapun memihak rekan Anda karena akan merusak segalanya. Bila Anda menemukan diri Anda terjebak dalam situasi seperti ini maka fokus pada tujuan bisnis Anda dan tidak berpihak dengan salah satu dari mereka. Menempatkan mereka pada platform komunikasi umum dan memastikan komunikasi yang terbuka antara semua pihak.

- Jangan terlalu cuek

Hal ini tidak hanya akan membuat Anda terlihat buruk di depan mata atasan Anda, tetapi juga akan membuat ruang lebih untuk meningkatkan persaingan dan Anda akan tertinggal di belakang. Orang-orang cenderung mengingat tentang penghinaan dan argumen yang dijatuhkan terhadap mereka, meskipun untuk Anda itu hanya suatu hal yang Anda anggap tidak penting. Jangan seperti itu!

- Cari tahu si 'pembuat onar'

Saat Anda mengetahui siapa yang menjadi pembuat masalah di tempat kerja. Maka Anda perlu menjaga jarak aman dari orang itu dan jika Anda bisa, berdamai dengan orang tersebut tanpa membuat masalah itu lebih baik. (Sumarni/TimesofIndia)

 




(LOV)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /