Rusia Perpanjang Larangan Impor Makanan dari Negara Barat

Antara    •    26 Juni 2015 11:02 WIB
rusia
Rusia Perpanjang Larangan Impor Makanan dari Negara Barat
Presiden Rusia, Vladimir Putin -- FOTO: REUTERS/MIKHAIL

Metrotvnews.com, Moskow: Pemerintah Rusia mengumumkan perpanjangan larangan impor produk makanan tertentu dari Amerika Serikat, Uni Eropa (Eu), Kanada, Australia, dan Norwegia kemarin.

"Larangan pada impor jenis tertentu dari produk pertanian, bahan baku dan makanan, dari Amerika Serikat, setiap negara Uni Eropa, Kanada, Australia dan Norwegia, telah diperpanjang selama satu tahun," kata pemerintah dalam sebuah pernyataannya, Jumat (26/6/2015).

Embargo ini berlaku sampai 5 Agustus 2016, daftar embargo makanan saat ini termasuk susu dan produk susu lainnya, sementara beberapa produk seperti tiram dan bunga di luar embargo.

Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev mengatakan sanksi untuk produk tersebut tidak bermotif politik. "Saya ingin menekankan khususnya bahwa tindakan kita didasarkan pertama-tama pada alasan ekonomi bukan politik," ujar Medvedev.

Dia mencatat pelaksanaan pembatasan impor pangan, serta langkah-langkah mendukung pemerintah, memberikan dorongan untuk sektor pertanian secara keseluruhan.

Menurut dia, keputusan ini dibuat sebagai tanggapan terhadap sanksi anti-Rusia yang dikenakan oleh negara-negara barat atas dugaan intervensi Moskow dalam krisis Ukraina.

"Sejauh ini kita tidak melihat perubahan dari bagian mitra Barat kami," tambah Medvedev.

Namun demikian, perdana menteri mengatakan daftar Rusia dapat berubah sesuai dengan berbagai faktor, termasuk perkembangan dalam hubungan dengan mitra Eropa dan negara-negara lainnya.

Uni Eropa pada Senin 22 Juni memutuskan untuk memperpanjang sanksi ekonomi terhadap Rusia hingga 31 Januari 2016, untuk mendorong sikap Moskow atas perjanjian Minsk pada Februari yang membahas mengenai krisis Ukraina.


 


(SAW)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

14 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /