Super Mario Jadi Juru Selamat Azzurri

   •    23 Maret 2013 06:15 WIB
 Super Mario Jadi Juru Selamat Azzurri
Reuters/Denis Balibouse/vg

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak memutuskan hijrah ke AC Milan pada awal tahun ini boleh dibilang yang terdengar dari striker Mario Balotelli hanya kecermelangannya di lapangan.

Semua cerita mengenai kebengalannya seperti menguap dengan dengan sendirinya.

Kontras dengan semasa ia memperkuat Inter Milan ataupun Manchester City. Segenap kemampunanya seperti terbenam dalam kegaduhan di luar lapangan.

Kini setelah berseragam Rossoneri, Super Mario seperti bisa kembali mempertontonkan bakatnya. Hebatnya lagi hal itu tidak cuma dilakukan Mario di klubnya, tetapi juga di timnas Italia.

Seperti dalam laga uji coba menghadapi Brasil di Stade de Geneve, kemarin dini hari. Pemain berdarah Ghana tersebut tampil sebagai juru selamat Azzurri lewat gol indahnya yang membuat kedudukan akhir laga menjadi imbang 2-2.

Selecao unggul lebih dulu lewat gol Fred (33') dan Oscar (42'). Adapun gol balasan Azzurri dilesakkan Daniele De Rossi (53') dan Balotelli (56').

Meski hanya bertajuk laga persahabatan, sejatinya duel dua raksasa sepak bola dunia itu bukan pertandingan biasa. Terlepas dari peringkat Selecao yang kini hanya berada urutan ke-18 dunia sesungguhnya duel kedua tim tetap tetap sarat gengsi.

Sebab bagaimanapun keduanya masih tercatat sebagai tim yang paling banyak mengoleksi gelar trofi Piala Dunia. Brasil telah lima kali merengkuh gelar juara dunia, sedangkan Italia berada di belakangnya dengan empat kali merebut mahkota Piala Dunia.

Itu sebabnya arsitek Italia Cesare Prandelli cukup senang dengan penampilan skuatnya, terutama performa Balotelli. Menurutnya, penampilan Balotelli layaknya seorang juara sejati.

"Saya tahu ia (Balotelli) ingin menjadi salah satu pemain terbaik dunia, tapi ia harus ingat bahwa ia harus bekerja sama dengan pemain lain. Dan itulah yang ia lakukan dalam laga tersebut," cetus Prandelli selepas pertandingan.

"Ia punya punya potensi untuk masuk lima besar pemain terbaik dunia, tapi ia harus bisa memertahankan performanya seperti sekarang ini. Saya selalu percaya pada Balotelli dan ia membalaskan dengan menjadi kekuatan inti tim kami," tandasnya.

Potensi besar

Di sisi lain, arsitek Selecao Luiz Felipe Scolari juga mengaku cukup puas melihat penampilan para pemainnya. Juru taktik yang sukses mengantarkan Brasil menjadi juara dunia pada 2002 itu menyebut skuatnya punya potensi besar ke depan.

"Saya pikir kami telah benar-benar berkembang. Saya senang melihat cara mereka bermain. Mereka tidak berputus asa ketika lawan berhasil menyamakan kedudukan. Saya pikir para pemain telah melakukannya dengan sangat baik," ujar Scolari.

Sejak ditunjuk kembali sebagai arsitek Selecao pada November tahun lalu, Scolari memang belum pernah sekalipun memberikan kemenangan untuk tim asuhannya. Namun sekali lagi, pelatih yang juga pernah menukangi timnas Portugal itu optimistis dengan masa depan timnya.

"Saya yakin mereka punya potensi besar. Mereka bahkan tidak kehilangan keseimbangan saat tim lawan dua kali membobol gawang kami untuk menyamakan kedudukan dan tetap bermain dengan seperti biasa. Para pemain muda kami benar-benar bermain dengan tenang," ujar Scolari. (AP/Rtr/Achmad Maulana)



Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /