Bima Arya Diperiksa Bareskrim Terkait Kasus Payment Gateway

Githa Farahdina    •    26 Juni 2015 13:26 WIB
Bima Arya Diperiksa Bareskrim Terkait Kasus <i>Payment Gateway</i>
Wali Kota Bogor Bima Arya. Foto: Dede Susanti/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Bogor Bima Arya diperiksa penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Bareskrim Polri. Politikus PAN itu diperiksa terkait kasus payment gateway pembuatan paspor secara elektronik yang melibatkan bekas Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

"Ya (ada pemeriksaan). Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi Denny Indrayana," kata Direktur Tipikor Brigjen Ahmad Wiyagus kepada Metrotvnews.com, Jumat (26/6/2015).

Menurut Wiyagus, pemeriksaan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB selesai pukul 11.30 WIB. "Saat ini yang bersangkutan sedang koreksi hasil pemeriksaan," tambah Wiyagus.

Dalam kasus ini, Bareskrim telah menetapkan satu tersangka, yakni Denny Indrayana. Denny sudah empat kali menjalani pemeriksaan. Namun pada panggilan kelima, kemarin, Denny berhalangan.

Penyidik juga telah menggeledah beberapa lokasi yang dinilai berkaitan dengan kasus ini. Salah satunya kantor Kemenkumham di mana Denny bertugas dulu.

Denny Indrayana disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi Jo Pasal 421 KUHP jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP. 

Denny diduga menyalahgunakan wewenang dalam proyek pembayaran pembuatan paspor secara elektronik itu. Diduga terdapat pungutan tidak sah senilai Rp605 juta dalam proyek yang disebut merugikan negara senilai Rp32 miliar tersebut. 

Di samping Denny, Bareskrim juga membidik dua vendor proyek ini: PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) dan PT Finnet Indonesia. Tapi, kepolisian belum bisa memastikan kapan pemeriksaan kedua vendor itu.
(KRI)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

14 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /