Gaji Rp3 Juta Bebas Pajak, Menkeu: Sumbang Pertumbuhan Ekonomi 0,1%

Suci Sedya Utami    •    26 Juni 2015 14:23 WIB
pertumbuhan ekonomipajak
Gaji Rp3 Juta Bebas Pajak, Menkeu: Sumbang Pertumbuhan Ekonomi 0,1%
Menkeu Bambang Brodjonegoro (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan dengan adanya kenaikan pendapatan tidak kena pajak (PTKP) sebesar Rp36 juta per tahun nantinya akan menyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1 persen.

"Menambah 0,1 persen pertumbuhan ekonomi tahun ini," kata Bambang, usai ibadah salat Jumat, di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2015).

Menurut dia, berdasarkan analisis yang dilakukan, dampak perubahan PTKP menjadi Rp36 juta selama setahun penuh berdampak positif pada makroekonomi Indonesia. "Ini sekali lagi estimasi perkiraan. Mudah-mudahan tentunya akurat. Pertumbuhan PDB akan meningkat 0,09 persen," ujar dia.

Selain itu, lanjut Bambang, konsumsi rumah tangga diperkirakan akan meningkat 0,07 persen dari baseline yang telah ditetapkan. Memacu pertumbuhan investasi PMTB sebesar 0,19 persen. Meski memang akan meningkatkan inflasi pula sebesar 0,04 persen.

"Lalu perhitungan penyerapan tenaga kerja baru dengan asumsi pertumbuhan PDB 0,09 persen adalah 23.000 jiwa," jelas dia.

Dengan dibebaskan pajak masyarakat yang berpenghasilan dengan nominal tersebut, diharapkan akan dapat mendorong daya beli masyarakat lebih tinggi. Dengan daya beli meningkat maka efeknya bisa memacu pertumbuhan ekonomi yang saat ini sedang lesu.

"Ekspektasi dampak ekonomi adanya kenaikan daya beli masyarakat, peningkatan konsumsi masyarkat, peningakatan investasi, dan lapangan kerja, serta mendorong pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.


(ABD)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /