3 Langkah Kemenperin Capai Target Pertumbuhan Industri

Husen Miftahudin    •    26 Juni 2015 17:25 WIB
kementerian perindustrian
3 Langkah Kemenperin Capai Target Pertumbuhan Industri
Menteri Perindustrian Saleh Husin (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perekonomian dunia kini sedang melemah. Meskipun begitu, target pertumbuhan industri pada 2015 dipatok sebesar 6,3-6,8 persen dengan jumlah tenaga kerja sektor idnustri sebanyak 15,5 juta orang. Diharapkan pula, kontribusi ekspor sektor industri mencapai 67,3 persen serta nilai investasi sektor industri sebesar Rp270 triliun.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meyakini pihaknya bisa menembus target yang ditetapkan tersebut. Maka itu, dirinya menyiapkan tiga langkah strategis kebijakan nasional untuk merealisasikan target sektor industri.

"Pertama, pengembangan industri di luar Pulau Jawa melalui fasilitasi pembangunan 14 kawasan industri (KI) dan fasilitasi pembangunan 22 Sentra industri kecil dan menengah (SIKIM)," papar Saleh, melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Sedangkan kedua, lanjut dia, adalah penumbuhan populasi industri dengan target penambahan sebesar 9.000 usaha industri berskala besar dan sedang di mana 50 persen tumbuh di luar Jawa, serta 20 ribu unit industri kecil menengah.

Ketiga, adalah peningkatan daya saing dan produktivitas melalui peningkatan efisiensi teknis, peningkatan penguasaan IPTEK dan inovasi, peningkatan penguasaan dan pelaksanaan pengembangan produk baru (new product development) oleh industri domestik.

"Termasuk peningkatan kualitas SDM industri dan akses ke sumber pembiayaan yang terjangkau serta fasilitasi dan insentif dalam rangka peningkatan daya saing dan produktivitas," pungkas Saleh.


(ABD)


Video /