Puluhan Calo Tilang Dilepaskan Polisi

Achmad Zulfikar Fazli    •    26 Juni 2015 17:28 WIB
calo tilang
Puluhan Calo Tilang Dilepaskan Polisi
Calo tilang menawarkan jasa. Foto: MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polsek Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menggaruk 31 calo tilang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Mereka dilepaskan kembali. Tidak ada jerat hukum yang diberikan penegak hukum untuk para calo tilang.

"Kita lakukan pendataan dan imbauan dulu," kata Kapolsek Pasar Minggu Kompos Doddy Ferdinand Sanjaya di Polsek Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (26/6/2015). Para calo diminta tidak mengulangi perbuatannya.

Selain imbauan, Doddy menyodorkan surat pernyataan kepada seluruh calo. Isinya pernyataan mereka tidak mengulangi perbuatannya. Jika mereka bandel dan kembali menjadi calo, para calo akan dijerat dengan hukum yang berlaku.

"Kita sudah (minta mereka) buat surat pernyataan. Kalau melakukan lagi akan kita tegaskan sesuai hukum yang berlaku, nanti disesuaikan pasalnya," kata dia.

Doddy mengatakan, mayoritas calo tilang merupakan warga sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sebagian besar berprofesi sebagai tukang ojek. Polisi telah melepaskan seluruh calo tilang yang diciduk di PN Jaksel pagi tadi. "Karena mereka penduduk sekitar. Mereka mengaku iseng-iseng."

Polsek Pasar Minggu menggelar operasi Cipta Kondisi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Puluhan calo tilang kendaraan roda dua dan roda empat berhasil diringkus. Satu persatu calo tilang diperiksa oleh anggota polisi. Alhasil, lembaran-lembaran kertas tilang ditemukan di kantong mereka.


(DOR)