Deputi Gubernur Senior BI Sambut Baik Kenaikan PTKP

Gervin Nathaniel Purba    •    26 Juni 2015 17:44 WIB
pajak
Deputi Gubernur Senior BI Sambut Baik Kenaikan  PTKP
Ilustrasi Bank Indonesia -- FOTO: Antara/Rudi Mulya

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) menyambut baik adanya peningkatan besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebesar Rp 36 juta. Hal ini akan berdampak pada kenaikan daya beli masyarakat.

Mirza Adityaswara selaku Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia mengatakan pendapatan yang berlebih dari PTKP bisa disalurkan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

"Tentunya dampak ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat saat ekonomi tengah lesu," ujar Mirza saat ditemui di kawasan Perkantoran BI, Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Mirza mengatakan ini merupakan hal positif  yang harus diperhatikan disaat pereknomian Indonesia sedang menurun. Menurutnya hal ini tidak akan berdampak kepada kenaikan tingkat inflasi. "Minimal sekali dampaknya," tutur Mirza.

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan nominal PTKP sebesar Rp36 juta per tahun untuk masyarakat yang belum menikah. Sedangkan nominal paling besar sebesar Rp81 juta per tahun ditujukan untuk masyarakat yang sudah menikah dan penghasilannya digabung dengan tiga anak.


(SAW)