Pemerintah Berencana Lelang SUN dalam Mata Uang USD

Gervin Nathaniel Purba    •    27 Juni 2015 14:42 WIB
surat utang
Pemerintah Berencana Lelang SUN dalam Mata Uang USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia akan melelang Surat Utang Negara (SUN) dalam mata uang dolar Amerika Serikat (USD) di pasar domestik. Pelelangan itu akan dilaksanakan Senin 29 Juni.

Dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (27/6/2015), jumlah indikatif yang dilelang sebesar USD500 juta untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015.

Adapun jenis atau seri yang akan dilelang yakni, SUN tersebut berseri USDFR0001 (reopening) yang akan jatuh tempo pada 15 Mei 2017 dengan tingkat kupon sebesar 3,50 persen. Periode pembayaran kuponnya sendiri akan dibayar setiap enam bulan. Persisnya setiap 15 Mei dan 15 November.

Penjualan SUN dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) sebagai agen lelang SUN. Lelang ini bersifat terbuka (open auction) menggunakan metode harga beragam (multiple price).

Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif (competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield yang diajukan. Sedangkan pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian non-kompetitif (non-competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield rata-rata tertimbang (weighted average yield).

Total alokasi pembelian non-kompetitif maksimal sebesar 30 persen dari yang dimenangkan.  Lelang dibuka pada Senin 29 Juni 2015 pukul 09.00 WIB dan ditutup pulul 11.00 WIB. Sedangkan hasil lelang akan diumumkan pada hari yang sama. Sedangkan setelmen akan dilaksanakan pada Kamis 2 Juli.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 43/PMK.08/2013 tentang Lelang SUN Dalam Mata Uang Rupiah dan Valuta Asing di Pasar Perdana Domestik, SUN dalam valuta asing di pasar perdana domestik hanya dapat dibeli oleh investor residen yang telah teregistrasi dalam daftar investor residen sesuai ketentuan yang berlaku.

Lelang SUN seri USDFR0001 diikuti oleh dealer utama dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pembelian SUN seri USDFR0001 oleh pihak selain LPS dilakukan melalui Dealer utama. Dealer utama mengajukan penawaran pembelian untuk dan atas nama pihak selain LPS dengan cara kompetitif dan/atau non-kompetitif.



(ABD)

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions
Jelang Undian Babak 16-Besar Liga Champions

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions

1 day Ago

Juventus berpeluang bertemu dengan salah satu dari lima klub Inggris.…

BERITA LAINNYA
Video /