NasDem Dukung 4 Pasangan Ini di Maluku

Hamdi Jempot    •    28 Juni 2015 19:12 WIB
nasdem
NasDem Dukung 4 Pasangan Ini di Maluku
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai NasDem, Enggartiasto Lukita. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Ambon: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem mendeklarasikan dukungan kepada empat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang bertarung di pilkada serentak Desember 2015 di Maluku.

Empat kabupaten yang akan menggelar pilkada tersebut antara lain, Buru Selatan (Bursel), Seram Bagian Timur (SBT), Kepulauan Aru, dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Dukungan Partai NasDem ditandatangani Ketua Umum Surya Paloh dan Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella.

Penyerahan dukungan kepada empat pasangan calon  disampaikan ketua dan wakil ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Partai NasDem, Enggartiasto Lukita dan Sri Sajekti Sudjunadi atau akrab disapa Jeannette.

Keduanya didampingi Ketua DPW Partai NasDem Maluku, Hamdani Laturua, dan diterima langsung masing-masing pasangan bakal calon.

Dukungan Partai NasDem diberikan kepada pasangan Tagop Sudarsono Soulissa-Ayub Buce Saleky, yang kini Bupati dan Wakil Bupati Bursel. Kemudian, Sitty Umariah Suruwaky-Syarifuddin Goo, Sitty kini Wakil Bupati SBT dan wakilnya pegawai negeri sipil di pemkab SBT.

Untuk Kabupaten Kepulauan Aru, rekomendasi diberikan ke pasangan Johan Gonga-Muin Sagalrey. Muin adalah anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Aru dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan di Kabupaten MBD, Partai NasDem memberikan mandat ke pasangan Nikolaus Kilikili-Jhon Hendrik Frans.

Deklarasi pemberian dukungan disaksikan sekitar seribu kader dan pendukung empat pasangan calon bupati dan wakil bupati dari empat daerah tersebut.

Enggartiasto menyatakan, sebelum memberikan dukungan kepada pasangan calon, Partai NasDem melakukan sejumlah tahapan. Di antaranya melakukan survei tingkat elektabilitas, popularitas, kelayakan, dan klarifikasi kepada lembaga penegak hukum  terhadap mereka.

"Meski memiliki elektabitas tinggi, namun jika calon tersebut terkait kasus hukum dan korupsi maka NasDem tidak akan mengusungnya," tegas Enggartiasto, Minggu (28/6/2015).

Ia juga kembali menegaskan, dalam pemberian dukungan, Partai NasDem tidak memungut satu sen pun biaya dan tidak pernah memungut uang  mahar dari setiap bakal calon.

"Bila ada kader atau struktur partai yang menerima uang satu sen pun dari calon yang akan diusung NasDem, maka akan dipecat," tegas mantan anggota Komisi I DPR ini.

Ia menargetkan keempat pasangan kepala daerah yang didukung bisa memenangi pilkada. Untuk mencapai target itu, Partai NasDem berkoalisi dengan sejumlah partai dan menggerakkan para anggota legislatifnya.

“Khusus  anggota DPRD yang tidak mendukung kebijakan partai, Partai NasDem akan melakukan PAW kepada mereka," tambahnya.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /