Adakan Sekolah Partai, PDIP Dianggap Pelopori Penguatan Demokrasi

K. Yudha Wirakusuma    •    28 Juni 2015 23:17 WIB
sekolah partai
Adakan Sekolah Partai, PDIP Dianggap Pelopori Penguatan Demokrasi
Ilustrasi: Antara/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Jakarta: Pilkada serentak dinilai tak hanya bertujuan mendidik masyarakat menjadi pemilih yang cerdas. Namun juga perwujudan keinginan rakyat akan hadirnya kepala daerah yang mengerti rakyatnya dan mendamba partai yang cerdas pula. 

"Kita sebagai pemilih, tidak mau lagi memilih calon kepala daerah yang bisanya hanya menggelontorkan uang untuk membeli suara, tapi secara administrasi publik ia tidak bisa apa-apa," ujar tegas staf pengajar politik dan kebijakan publik, Untirta, Serang, Banten, Leo Agustino, Minggu (28/6/2015).
 
Lebih lanjut, Leo mengatakan, PDI Perjuangan sudah sepatutnya mempersiapkan kader
terbaiknya untuk bersaing dalam pemilihan kepala daerah. "Saya menilai penyelenggaraan sekolah bagi calon kepala daerah oleh PDIP merupakan langkah maju bagi partai itu sediri sekaligus langkah maju bagi penguatan demokrasi di Indonesia," ucapnya.

Langkah PDI P menyelenggarakan sekolah partai, dianggap sebagai langkah strategis memelopori penguatan demokrasi. Dalam 'gelombang kedua' pilkada langsung seperti sekarang ini, profil figur merupakan hal utama dalam menentukan pilihan pemilih.

Menurutnya, pemilih akan mudah 'jatuh hati' pada calon kepala yang punya jejak rekam positif. Sudah sewajarnya rakyat menginginkan calon kepala daerah yang mampu mendengar keinginan dan kebutuhan publik. Kemudian juga mampu berkomunikasi secara efektif dengan legislatif, mengerti mengembangkan organisasi publik di daerah, hingga cerdas dalam mengelola keuangan publik di wilayah administrasinya. 

"Untuk mendapatkan kepala daerah seperti itu sudah sepantasnya partai politik mendidik kader-kader terbaiknya, atau simpatisan mereka yang dianggap tebaik, untuk berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah secara langsung," tambahnya.

DPP PDI Perjuangan secara resmi telah membuka sekolah partai untuk calon kepala daerah angkatan pertama, yang akan mengikuti pilkada serentak pada akhir tahun ini.

Acara pembukaan itu dilakukan di Gedung DPP PDI P, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu
(28/6/2015).

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengingatkan para calon kepala daerah yang maju ke pilkada serentak untuk benar-benar bekerja keras.

"Kami hanya merekomendasikan, kalian lah para calon yang harus berjuang mati-matian. Partai akan mendorong dengan menggerakkan seluruh lapangan yang bisa kami lakukan," tegas Megawati saat berbicara di hadapan peserta Sekolah Partai.

Sementara dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan dimulainya program sekolah partai menjadi penanda kesiapan partai itu mengikuti pilkada serentak.

"Sekolah Partai ini adalah wujud keinginan membangun kekuatan secara bersama-sama. PDI-P ingin memenangkan pemilu dengan cara gotong royong," kata Hasto.

Hasto mengatakan bahwa pemenangan dengan model gotong royong itu diharapkan bisa menarik rakyat sehingga biaya kampanye juga tidak membengkak.

Sebanyak 137 orang calon kepala daerah menjadi peserta Sekolah Partai. Mereka akan dikonsentrasikan dan digembleng hingga 3 Juli mendatang di lokasi pendidikan, di Cimanggis, Depok.
(AZF)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /