Margriet Bisa Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Arnoldus Dhae    •    28 Juni 2015 23:33 WIB
penemuan jenazah angeline
Margriet Bisa Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana
Aksi simpatik untuk Angeline. Foto: Antara/Herman Dewantoro

Metrotvnews.com, Denpasar: Kuasa hukum Agustinus Tae, Haposan Sihombing, merasa senang dengan ditetapkannya Margriet sebagai tersangka. Ia mengaku tak kaget lagi dengan penetapan tersangka tersebut. Karena, berdasarkan keterangan kliennya, Margriet sebenarnya yang menjadi pelaku utama.

"Saat klien kami dipertemukan dengan ibu kandung dan kakak kandungnya, ternyata Agus tetap pada pendiriannya. Ia jujur kepada ibunya bahwa bukan dialah yang membunuh Angeline, melainkan Margriet," jelas Haposan, ditemui Minggu (28/6/2015) malam.

Menurutnya, Agus berbicara kepada ibunya bahwa dia hanya disuruh menguburkan Angeline. "Sementara perintah untuk memperkosanya tetap saja ditolak," ujarnya. Penyidik dan kuasa hukum Agus menyaksikan sendiri bahwa Agus sangat berterus terang pada ibunya. Keterangannya sama seperti keterangan awal saat setelah ia mengubah keterangannya sendiri.

Menurut Haposan, dari keterangan Agus yang mengatakan ia disuruh menggali kubur oleh Margriet sebenarnya sudah bisa mengarah kepada pembunuhan berencana.

Sebelumnya, Agus mengatakan dirinya disuruh Margriet menggali kubur dua pekan sebelum terjadi pembunuhan tersebut. Dalam perintah menggali lobang tersebut, Margriet tidak menjelaskan untuk apa lobang tersebut digali.

"Ternyata pada lobang yang sama itulah ditaruh jenazah Angeline dengan sangat tragis dan mengenaskan," ujarnya. Untuk itu, ia berharap agar kasus ini bisa dijerat dengan pasal pembunuhan berencana sehingga Margriet bisa dihukum seberat-beratnya.

Ia mengakui jika kliennya tetap akan dihukum karena memang ikut membantu menghilangkan nyawa orang lain. Namun yang harus diapresiasi adalah kesaksian Agus merupakan kesaksian mahkota. Kesaksian itu akan menjadi petunjuk bagi penyidik untuk melakukan penyidikan lebih lanjut.

"Kami belum memikirkan untuk mengubah pasal apa saja yang akan menjerat Agus sehingga hukumannya bisa diringankan," ujarnya. Pasal yang dikenakan selama ini adalah pasal 80 ayat 3 UUPA dan pasal 338 KUHP.


(UWA)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /