Soal Dana Parpol, Formappi: Parpol Kurang Transparansi

Intan fauzi    •    29 Juni 2015 08:32 WIB
parpol
Soal Dana Parpol, Formappi: Parpol Kurang Transparansi
Peneliti Formappi Lucius Karus (Foto:Metro Tv)

Metrotvnews.com, Jakarta: Usulan mengenai kenaikan dana subsidi partai politik (parpol) ditentang oleh berbagai pihak. Sebab, selama ini partai politik dianggap kurang akuntabilitas dan transparansi dalam menggunakan dana parpol.

"Sampai sekarang akuntabilitas dan transparansi paling tidak kelihatan jadi ketika ada ide subsidi parpol kita harus mulai regulasi partai menjamin dua hal itu," ujar Peneliti Forum Masyarakan Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, dalam Bincang Pagi Metro TV, Senin (29/6/2015).

Akuntabilitas dan transparansi partai dapat ditekan, salah satunya, melalui evaluasi undang-undang partai politik. UU Parpol harus memaksa partai agar terbuka kepada masyarakat soal penggunaan dana.

"UU Parpol belum dibuat sedemikian rupa menjadikan aspek dua itu (akuntabilitas dan transparansi) jadi dua hal yang wajib. Bagaimana UU memaksa parpol untuk transparansi dan akuntabilitas," jelas Lucius.

Dengan demikian, masyarakat maupun negara mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh parpol. Disamping itu pula, dana parpol jelas asalnya dari mana dan lari ke mana.

"Dengan itu mengetahui apa yang dibutuhkan parpol. Saat ini kita tidak pernah tahu parpol punya dana berapa, sumbernya darimana dan untuk apa," pungkas Lucius.

 


(AZF)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

1 hour Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /