Garap 9 Kasus Korupsi 'Kakap', Bareskrim Libatkan 500 Penyidik

M Rodhi Aulia    •    29 Juni 2015 16:30 WIB
kasus korupsi
Garap 9 Kasus Korupsi 'Kakap', Bareskrim Libatkan 500 Penyidik
Komjen Budi Waseso. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Bareskrim Polri tengah menangani sembilan kasus yang diklaim sebagai 'kasus kakap'. Sebanyak 500 penyidik dan penyelidik dilibatkan untuk menangani.

"Kalau penyidik sudah oke, karena untuk menangani itu saya buat tim. Tim saya ini 500 orang yang akan menangani sembilan kasus besar," kata Kabareskrim Komjen Budi Waseso kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (29/6/2015).

Budi mengatakan belum semua kasus tersebut masuk dalam tahap penyidikan. Namun untuk sebagian kasus data yang didapat penyidik sudah lengkap.

Meski demikian, Budi belum mau memerinci kasus-kasus tersebut. Yang pasti, kata dia, seluruh kasus korupsi ini ada di berbagai sektor, bukan hanya migas.

"Hanya saya maunya nanti serentak saja (pengumumannya). Kalau tidak serentak teman-teman (wartawan) nanyanya berkali-kali," tukas dia.

Budi Waseso mengatakan Polri berencana mengajukan anggaran ke pemerintah untuk menangani sembilan kasus ini. Itu karena anggaran yang ada saat ini terbatas. Sementara sembilan kasus tersebut diungkap dalam waktu bersamaan. 

"Kita berharap, semua ada pemerataan dan persamaan. Sehingga kemampuan orang bekerja didukung dengan maksimal dan hasilnya juga maksimal," ujar dia.

Saat ditanyakan, apakah penanganan kasus ini sudah dikoordinasikan dengan KPK, Budi tak menjawab tegas. Namun, dia menjamin pengusutan kasus itu tidak akan tumpang-tindih dengan kasus-kasus KPK.

"Yang jelas sembilan ini akan naik sidik segera mungkin. Arti kata bagaimana hasil kebulatan kerugian negaranya, kalau sudah ada, itu artinya naik sidik," pungkas dia.


(KRI)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

5 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /