Polisi Belum Pastikan Penyebab Kebakaran Komnas PA

Akmal Fauzi    •    29 Juni 2015 17:45 WIB
kebakaran
Polisi Belum Pastikan Penyebab Kebakaran Komnas PA
Sisa Kebakaran Komnas Perlindungan Anak--MI/Arya manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolres Jakarta Timur Kombes Umar Faroq menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang menimpa kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) pada Sabtu 27 Juni malam lalu. Ia enggan mengomentari lebih jauh dugaan kebakaran itu adanya hubungan dengan kasus pembunuhan Angeline.

Pihaknya tidak ingin menduga-duga terkait kemungkinan adanya unsur sabotase dalam kebakaran tersebut. "Serba kemungkinan bisa terjadi, tapi itu harus dikoordinasikan dulu, harus dilihat buktinya dulu," kata Umar, Senin (29//6/2015).

Pihaknya bersama tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, kemarin, melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di kantor Komnas PA. Ruangan belakang kantor menjadi salah satu tempat yang diperiksa intensif oleh tim.

Umar belum dapat memastikan jangka waktu proses olah TKP berjalan. Menurutnya, pengecekan hasil olah TKP tergantung dari tim Puslabfor. "Tidak bisa langsung selesai. Kalau belum memuaskan. Jadi bisa dilakukan berulangkali," ucapnya.

Sebanyak empat ruangan di Kantor Komnas Perlindungan Anak hangus terbakar. Di antara yang terbakar adalah ruang pusat tempat penyimpanan data kasus pelaporan kejahatan anak.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengaku belum tahu penyebab pasti kantornya terbakar untuk kedua kali setelah 2009 silam. Meski demikian, pihaknya tidak bisa melepaskan penyebabnya dari kasus yang tengah ia dorong untuk ditangani, yaitu kasus Angeline (8).

"Fakta menujukkan Komnas Perlindungan Anak sedang mengungkapkan penyebab kematian Angeline. Publik tahu bahkan kalangan internasional tahu, kita sedang mendorong penyidik Polri mengungkap kasus ini," kata Arist saat ditemui di lokasi, di Kantor Komnas PA, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (27/6/2015).

Berdasarkan keterangan saksi mata, Ridwan, api muncul pertama kali di bagian atas kantor, atau bagian atap genteng rumah. Kemudian, bagian atap ambruk dan langsung melalap isi dalam ruangan tersebut.


(YDH)

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

1 hour Ago

Ronaldo dan Kane sama-sama mencetak 43 gol sepanjang 2017. Siapakah yang lebih tajam di antara …

BERITA LAINNYA
Video /