Plt Pimpinan KPK Ditantang Buka Rekaman Upaya Kriminalisasi

Damar Iradat    •    29 Juni 2015 19:22 WIB
kpk
Plt Pimpinan KPK Ditantang Buka Rekaman Upaya Kriminalisasi
Salah satu relawan Gerakan Sapu Koruptor memegang poster yang menantang KPK membuka rekaman kriminalisasi KPK di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/6/2015). Foto: MTVN/Damar Iradat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerakan Satu Padu Lawan Koruptor (Sapu Koruptor) menantang Plt Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka rekaman yang berisi upaya kriminalisasi KPK kepada publik. Hal itu penting untuk mempertahankan keberadaan lembaga antikorupsi itu.

"Kita melihat Plt pimpinan sekarang tidak berani, tidak punya nyali pertahankan KPK. Harusnya berani buka (rekaman) informasi ini ke publik. Kalau memang betul ada politisasi yang ingin lemahkan KPK maka dibuka saja. Kalau dibuka, pasti dukungan dari masyarakat akan mengalir," ujar salah satu anggota Sapu Koruptor, Alghiffari Aqsa di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/6/2015).

Menurut Dugaan Alghiffari, Plt pimpinan KPK tidak punya nyali untuk membuka rekaman yang berisi upaya kriminalisasi. "Kedua, para pimpinan ini ingin suasananya tenang-tenang saja. Kalau ditutup-tutup terus, hanya akan menyimpan dan menutup permasalahan sementara. Kalau nanti terbuka lagi masalah akan berlanjut," paparnya.

Rekaman yang menjadi polemik tersebut diduga berisi upaya pelemahan KPK yang dilakukan sekelompok oknum Polri. Bila rekaman ini dibeberkan dalam sidang dapat membuka upaya kriminalisasi tiga penggugat antikorupsi secara terang benderang.

Upaya kriminalisasi dan upaya menghalangi proses hukum ini dinilai sebagai upaya memberangus kewenangan dan kekuatan KPK. Terutama terhadap pimpinan KPK nonaktif Abraham Samad dan Bambang Widjojanto, serta penyidik KPK Novel Baswedan.


(DRI)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /