Soekarwo Tuding Daging Celeng dari Lampung

Amaluddin    •    29 Juni 2015 23:13 WIB
daging celeng
Soekarwo Tuding Daging Celeng dari Lampung
Waspada daging celeng yang dicampur daging sapi. Foto: MI/Widjajadi

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo menduga beredarnya daging celeng berasal dari Lampung. Untuk itu, ia meminta pemerintah DKI Jakarta dan Lampung memperketat Pelabuhan Bakauheni.

"Itu banyak datangnya dari Jakarta, lalu masuk ke mana-mana. Yang biasanya itu kan dari Lampung. (Mereka) menangkap celeng dari hutan," ujarnya, di Surabaya, Senin (29/6/2015).

Menurut Pakde Karwo, langkah awal mengantisipasi adanya daging babi berkedok daging sapi itu harus dimulai dari induknya, yakni Lampung.

Peredaran daging babi terungkap saat polisi menyelidiki penjualan daging di Pasar Mangga Dua Jagir, Wonokromo, Surabaya, Jumat 26 Juni. Polisi menemukan dua orang penjual daging yang menjajakan barang dagangannya lebih murah Rp10 ribu sampai Rp20 ribu dari tempat lain. Penjual mengelabui konsumen dengan menyebut bahwa daging babi yang dijual itu merupakan daging sapi impor.

Saat polisi mengecek daging tersebut, benar saja penjual tersebut menjajakan daging babi. Sejumlah barang bukti telah diamankan anggota Polrestabes Surabaya. Yakni, enam mesin pendingin berisi daging. Satu di antaranya berisi daging babi yang ditemukan di Pasar Mangga Dua Jagir, Wonokromo, Surabaya.

Lalu polisi mengembangkan kasus hingga menangkap pengepul daging babi di Jalan Penjernihan Nomor 38 Surabaya. Di tempat tersebut, polisi menemukan lima freezer berisi daging babi seberat 500 kilogram.

Dalam kasus ini tujuh orang berhasil diamankan. Mereka adalah Musrifin, pemilik rumah yang dijadikan gudang daging babi, kemudian inisial T, R, B, A, J dan E. Dua di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka, yakni Budi dan Eko.


(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /