Lebaran, Sejumlah Pangkas Rambut Enggan Naikkan Ongkos

Antara    •    30 Juni 2015 15:10 WIB
ramadan 2015
Lebaran, Sejumlah Pangkas Rambut Enggan Naikkan Ongkos
Gaya rambut jelang pertarungan abad ini (Foto: Metro.co.uk)

Metrotvnews.com, Padang: Sejumlah tukang pangkas rambut yang berada di Tabing,  Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, sepakat untuk tidak menaikkan  harga sebelum datangnya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Untuk tahun ini di kawasan Tabing tidak menaikkan harga pangkas. Hal itu berdasarkan  kesepakatan bersama dengan pangkas rambut lain," kata Am (43), saat ditemui di Pangkas  Rambut Sederhana miliknya, di Simpang Tabing, Kota Padang, Selasa (30/6/2015).

Pangkas rambut di Tabing, katanya, memiliki kesepakatan bersama tentang harga dalam  momen tertentu, salah satunya sebelum Idul Fitri.

"Pada momen tertentu akan ada kesepakatan harga yang kami buat bersama dari tujuh  pangkas yang ada di daerah Tabing ini. Lebaran pada 2014 kami juga sepakat tidak  menaikkan harga," tutur dia.

Am mengatakan, harga pangkas yang dikenakan adalah sebesar Rp15.000 untuk dewasa,  dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Ketika ditanyai mengenai tren peningkatan jumlah orang yang ingin cukur rambut, ia  mengatakan peningkatan biasa terjadi dalam dua pekan sebelum Lebaran. "Biasanya  
meningkat dalam dua minggu sebelum Lebaran. Sama seperti tahun lalu," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Zal (36), salah seorang tukang pangkas rambut yang juga  berada di kawasan Tabing. "Kalau sekarang mereka memotong rambut, mungkin khawatir  saat Lebaran akan panjang kembali," tambah dia.

Dari segi penghasilan, lanjutnya, ia mengatakan dapat mencapai peningkatan 400 persen  dari hari normal per hari. "Alhamdulillah, ada rezeki juga untuk kami sebelum Lebaran  datang. Saat Lebaran 2014, kita-kira dalam sehari bisa mendapatkan penghasilan sebesar  Rp500.000," tutur keduanya.


(SAW)