Soal Senggolan Marquez-Rossi, Pembalap Diminta Jangan Cuma Modal Nekat

Achmad Firdaus    •    30 Juni 2015 16:12 WIB
motogp 2015
Soal Senggolan Marquez-Rossi, Pembalap Diminta Jangan Cuma Modal Nekat
Momen sebelum terjadinya insiden senggolan antara Marc Marquez dan Valentino Rossi di MotoGP Belanda (Foto: (AP/Vincent Jannink))

Metrotvnews.com, Bormes Les Mimosas: Pembalap Yamaha Tech 3, Pol Espargaro meminta insiden senggolan antara Marc Marquez dan Valentino Rossi di Sirkuit Assen, menjadi pelajaran bagi semua pembalap. Pelajaran yang dimaksud ialah tentang perhitungan.

Espargaro menilai, insiden di tikungan terakhir tersebut terjadi lantaran masing-masing pembalap tidak memiliki perhitungan yang matang. Mereka cuma mengandalkan nyali atau modal nekat hingga akhirnya senggolan tak terhindarkan.

Untuk ke depannya, adik dari pembalap Ecstar Suzuki, Aleix Espargaro ini berharap para pembalap bisa lebih bijak saat balapan. Keselamatan harus diutamakan ketimbang kemenangan.

"Yang terjadi saat balapan, Anda (pembalap) sepertinya memiliki kekebalan di tikungan terakhir atau putaran terakhir saat balapan. Anda punya imunitas untuk menyalip dari dalam, tidak masalah jika Anda jatuh atau menabrak pembalap lain. Ya, ini adalah balapan, juga tikungan terakhir. Tapi kami bisa menghindari itu (insiden)," ujar Pol Espargaro.

"(Karena dalam situasi ini) jika seorang pembalap berada di belakang -  bahkan jika ia tertinggal satu detik, lalu dia mengendurkan rem dan menyenggol pembalap lain, mereka akan memenangi balapan," lanjutnya.

Pernyataan yang dilontarkan Espargaro ini juga dialamatkan pada sang juara bertahan Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda ini dikenal sebagai pembalap yang nekat dan tak berani mengambil risiko. 

"Mungkin kita bisa membicarakan hal ini dengan semua pembalap dan membuatnya jadi jelas. Bila Anda berpeluang menyalip di tikungan terakhir, tapi tanpa harus menyenggol pembalap lain, maka itu diperbolehkan," imbuhnya.

"Tapi, jika Anda tahu Anda akan menabrak pembalap lain karena ia berada di tengah dan Anda dalam posisi melebar, maka Anda tidak bisa masuk (menyalip). Aksi ini harus harus dilarang. Tapi, bagaimana cara Anda menerapkan aturan ini, itu yang sulit," tandasnya. (Crash)



(ACF)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /