Pesawat Hercules Jatuh

Basarnas Fokus Evakuasi Korban Warga Sipil

Damar Iradat    •    30 Juni 2015 19:33 WIB
hercules jatuh di medan
Basarnas Fokus Evakuasi Korban Warga Sipil
FH Bambang Soelistyo. Foto: Ismar Patrizki/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Basarnas tak akan terlibat dalam evakuasi bangkai pesawat Hercules C-130 yang dilakukan TNI AU. Basarnas hanya fokus pada evakuasi korban warga sipil.

Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengatakan pihaknya juga berupaya untuk mencegah terjadinya ledakan susulan. 

"Kecelakaan pesawat pada umumnya di permukaan tanah, biasanya akan ada potensi kebakaran, dampak yang besar dan bisa terjadi ledakan," tukas Bambang di kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/6/2015).

"Setelah langkah pertama, selanjutnya ialah bagaimana kita mengatasi kebakaran, harus dilakukan pemasangan police line, karena biasanya dalam sistem emergency pesawat militer ada yang disebut cartidge atau pemicu yang bisa meledak di salah satu bagian pesawat," lanjut dia.

Hal itu, menurut Bambang, untuk mencegah terjadinya kecelakaan terhadap tim evakuator. "Apalagi bila ada bahan-bahan yang mudah meledak. Jadi, diutamakan untuk orang-orang yang mendekat punya kualifikasi yang memahami sistem," sambung dia.

Bambang juga menambahkan, yang paling penting setelah api padam adalah mencari kemungkinan orang yang masih hidup. Serta menjauhkan bahan kimia atau bahan bakar.

Pesawat Hercules C-130 TNI AU jatuh di Jalan Letjen Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni 2015, pukul 11.48 WIB. Pesawat jatuh setelah dua menit lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Medan. Pesawat membawa 113 penumpang, 12 di antaranya kru. Mereka dipastikan meninggal semua.


(KRI)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /