Inflasi Juli Diprediksi di Bawah 1%

Suci Sedya Utami    •    01 Juli 2015 15:39 WIB
inflasi
Inflasi Juli Diprediksi di Bawah 1%
BPS (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Bidang Statistik, Barang dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo memprediksi inflasi Juli 2015 tidak akan mencapai angka satu persen.

Lebaran jatuh pada pertengahan bulan, sehingga diperkirakan kenaikan harga-harga barang pokok sudah diserap pada dua minggu pertama Juli, di mana harga-harga sudah akan mengalami penurunan pada dua minggu sisanya.

"Dengan kondisi ini kami memperkirakan adanya peluang inflasi Juli bisa di bawah satu persen," kata Sasmito di Kantor BPS, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Dia menjelaskan, Juli akan terjadi lonjakan belanja bukan hanya dari Lebaran namun juga karena adanya tahun ajaran baru. Meskipun demikan harga komoditas pangan diperkirakan akan menurun pada pasca Lebaran.

Dia juga memperkirakan hingga akhir tahun inflasi diprediksi akan bisa di bawah target yang ditetapkan pemerintah dalam APBN Perubahan (APBNP) 2015 sebesar lima persen. Adapun dampak elnino di sepanjang September-Desember tidak akan berdampak drastis kepada inflasi.

"Sampai Desember kan dampak kenaikan BBM sudah hilang sehingga akhir tahun bisa di bawah target pemerintah. Kuncinya ada di dua bulan ini," jelasnya.

 


(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /