Bocah SD dari Yogyakarta akan Mendalang di Amerika

Ahmad Mustaqim    •    01 Juli 2015 16:36 WIB
kultur
Bocah SD dari Yogyakarta akan Mendalang di Amerika
Gymna Cahyo Nugroho dan Bupati Gunungkidul, Badingah (Foto:Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Gymna Cahyo Nugroho menjadi dalang cilik pertama yang akan tampil di Amerika Serikat.

Siswa kelas V SD Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul, Yogyakarta, itu akan mendalang di hadapan tamu-tamu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC dan Konsulat Jenderal di New York pada 25 Juli 2015.

"Senang bisa ke luar negeri. Tadinya waktu kelas tiga, sempat kepikiran baru akan ke luar negeri nanti saat SMP atau SMA. Tidak menyangka kelas lima sudah ke luar negeri karena mendalang," tutur Gymna kepada Metrotvnews.com, Rabu (1/7/2015).

Untuk pentas di Amerika, dia  akan membawakan kisah Gatotkaca yang dikenal dengan Banjaran Gatotkaca. Cerita ini mengisahkan saat Gatotkaca lahir hingga meninggal. Pementasakan akan menggunakan bahasa Jawa.

Seorang pengajar yang melatih Gymna mendalang, Slamet, mengungkapkan bahwa Gymna memiliki kelebihan tersendiri.
"Gymna merupakan anak yang selalu bersemangat, pembelajar, dan memiliki rasa tanggung jawab besar. Dia juga memiliki daya kreativitas yang baik. Materi yang paling sulit bagi siswa, dia sudah menguasainya," puji Slamet.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari, Andar Jumailan, menjelaskan, keberangkatan Gymna didukung oleh KBRI, Kemendikbud, hingga Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul.

"Keberangkatan Gymna ini sebagai dukungan bagi pengembangan budaya, khususnya menumbuhkembangkan potensi anak. Memang masih belum banyak tergarap. Perlu juga ditumbuhkan sejak dini," tutur Andar.

Sebelum memperoleh kesempatan mendalang di Amerika, siswa kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat, 14 Februari 2004, itu pentas sebagai dalang dalam kegiatan sekolah, bersih desa, dan aneka lomba.

Peluang emas mulai datang usai rekaman video Gymna mendalang diunggah ke situs berbagi video, Youtube, oleh ayahnya. Tak disangka, seseorang yang mengaku perwakilan dari KBRI menghubungi ayah Gymna melalui alamat yang tertera pada video.

Perjalanan Gymna menjadi seorang dalang cilik dimulai sejak usia satu tahun. Meski usianya masih balita, Gymna telah menunjukkan ketertarikan dengan lakon wayang.

Melihat Gymna menyukai wayang, orang tuanya kemudian mengikutsertakan Gymna ke Sanggar Pengilasan, Wiladeg, Wonosari, Gunungkidul, untuk mendalami dunia pewayangan.

Putra pasangan Teguh Siswanto dan Wahida Asroni ini tak cukup puas hanya belajar di sanggar. Di rumahnya, dia banyak menirukan suara kaset yang berisi aksi para dalang profesional.

Gymna mengaku, paling suka penampilan dalang Bayuaji dan Hadi Sugito.


(ROS)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /