Calon Panglima TNI Prioritaskan Perkuat TNI AU dan AL

Anggitondi Martaon    •    01 Juli 2015 20:10 WIB
panglima tni
Calon Panglima TNI Prioritaskan Perkuat TNI AU dan AL
Calon Panglima TNI Gatot Nurmantyo--MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penguatan TNI Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) menjadi prioritas calon Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Itu untuk mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesa dari berbagai ancaman.

"Dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, maka Indonesia perlu angkatan bersenjata untuk meminimalisir ancaman. Untuk itu tidak ada alternatif lain, perkuat TNI AU dan TNI AL," tegas Gatot saat memaparkan visi di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Menurutnya, prioritas yang dicanangkan sesuai program pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Ini sekaligus menjaga kedaulatan NKRI dari berbagai propaganda yang dilakukan oleh negara tetangga.

"Saat ini kita mempunyai beberapa masalah dengan negara sekitar, seperti Australia, kasus penyadapan dan pidana mati Bali Nine, dengan Malaysia terkait kasus Ambalat, dan berbagai ancaman lainya," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gatot juga meluruskan pandangan orang banyak bahwa memperkuat sistem pertahanan tidak selalu disesuaikan dengan kondisi ekonomi negara.

"Selama ini ada pandangan setelah ekonomi kuat. Ini saya luruskan bahwa dengan TNI tangguh maka ekonomi juga baik," terangnya.

Dalam pemyampaian visi tersebut, calon Panglima TNI yang juga masih menjabat sebagai Kepala Staf TNI AD ini meminta dukungan dari Komisi I sebagai mitra kerja TNI untuk mewujudkan program prioritasnya. "Oleh karena itu, butuh anggaran yang besar, ini perlu dipikirkan," kata Gatot.


(YDH)

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions
Jelang Undian Babak 16-Besar Liga Champions

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions

1 day Ago

Juventus berpeluang bertemu dengan salah satu dari lima klub Inggris.…

BERITA LAINNYA
Video /