BI Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5% di Kuartal II-2015

Suci Sedya Utami    •    02 Juli 2015 05:11 WIB
pertumbuhan ekonomibank indonesia
BI Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5% di Kuartal II-2015
Gedung Bank Indonesia (MI SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2015 bisa mencapai lima persen atau lebih tinggi dari kuartal I-2015 yang hanya tercatat 4,7 persen

Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan, perkiraan tersebut didasari oleh kebijakan fiskal yang dilakukan oleh pemerintah di mana dijanjikan akan mengoptimalkan belanja terutama belanja infrastruktur.

Namun, Perry tak menampik memang dampaknya perlu proses dan bisa dirasakan pada kuartal selanjutnya. Walau demikian, Perry meyakini hal ini bisa mendorong permintaan dan akan meningkatkan investasi pemerintah, serta nantinya mendorong konsumsi dan investasi swasta.

"Misal, belanja membangun jalan tol dan irigasi maka ada permintaan ke swasta. Ini multiplayer effect. Maka kami harap adanya stimulus dari pemerintah yakni dengan pancingan konsumsi pemerintah," kata Perry, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2015).

Dengan dasar itu, jelas Perry, sepanjang 2015 diperkirakan pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran 5-5,4 persen. Sementara untuk 2016, diproyeksikan pada kisaran 5,4 hingga 5,8 persen yang didorong baik oleh peningkatan konsumsi maupun investasi pemerintah melalui pembangunan infrastruktur sebagai penyokong ekonomi nasional.

"Sejak awal kami prediksi pertumbuhan 2016 5,4-5,8 persen, di mana mid-nya 5,6 persen. Pergerakan 5,4 persen ke 5,8 persen itu akan sangat tergantung pada seberapa besar dan cepat fiskalnya," pungkas Perry.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

10 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /