Bupati Mimika Tuntut Freeport, Menteri ESDM: Saya Pelajari Dulu

Annisa ayu artanti    •    02 Juli 2015 07:58 WIB
freeport
Bupati Mimika Tuntut Freeport, Menteri ESDM: Saya Pelajari Dulu
Ilustrasi tambang Freeport. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku belum mengetahui tuntutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang meminta ganti rugi sebesar USD3,6 miliar kepada PT Freeport Indonesia atas penambangan emas yang dilakukan di lima gunung emas, di Mimika, Papua.

"Saya belum mempelajari detilnya," kata Sudirman saat ditemui Metrotvnews.com, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 1 Juli 2015.

Sebelumnya, Eltinus mengatakan ada empat sampai lima gunung emas yang mereka habisi sampai masuk di bawah tanah. Selain itu, Eltinus juga menuntut Freeport untuk membayarkan hak tanah ulayat masyarakat suku Amungme yang wilayahnya juga menjadi target penambangan emas.

"Kami tuntut karena kami mau katakan hak ulayat itu besar. Kami yang hadir ini ada di tempat operasi Freeport. Mereka sudah habiskan gunung emas yang mereka ambil dari sana. Kami mau supaya ganti rugi itu dulu," cetus Eltinus, beberapa hari lalu.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Sudirman akan mencoba mempelajari kasus ini terlebih dahulu. Pasalnya Ia mmengaku belum mempelajari secara mendetil.

"Saya coba pelajari dulu ya," pungkas Sudirman.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

11 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /