Antisipasi Gagal Panen, Mentan Tinjau Kekeringan di NTT

Husen Miftahudin    •    02 Juli 2015 09:29 WIB
kementan ads
Antisipasi Gagal Panen, Mentan Tinjau Kekeringan di NTT
Mentan Amran Sulaiman. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Timur Tengah Selatan: Musim kemarau yang diprediksi terjadi pada Juli hingga September membuat pemerintah menyiagakan diri untuk mengantisipasi terjadinya gagal panen. Apalagi di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) di mana kekeringan tahun ini diperkirakan akan lebih parah dibanding tahun lalu.

Melihat kondisi tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman akan melakukan peninjauan kekeringan di Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), NTT. Tinjauan pertama akan dilakukan di lokasi penanaman jagung dan sayuran seluas 5 hektare (ha) yang mengalami kekeringan di Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS.

Di lokasi itu, Amran akan menyerahkan bantuan benih jagung, padi, dan sayuran sebagai pengganti tanaman sayuran yang mengalami kekeringan. Tak hanya itu, untuk mengantisipasi dampak kekeringan semakin parah melanda para petani, maka Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan berupa pompa air.

Selanjutnya, Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin Makassar ini juga akan meninjau areal sawah yang kekeringan seluas 200 ha di desa yang sama. Kemudian Amran juga meninjau kekeringan yang melanda tanaman jagung dan sayuran seluas tujuh ha di Desa Toineka, Kecamatan Kualin, Kabupaten TTS.

Sebelum kembali ke Jakarta, Amran akan meninjau lokasi kekeringan terakhir yang melanda tanaman jagung seluas sembilan ha di Desa Tuafanu, Kecamatan Tualin, Kabupaten TTS. Di situ, Amran sekaligus menyaksikan pemanfaatan pompa air.

Sebagai informasi, Kementan pada 2015 menargetkan produsi jagung sebanyak 24 juta ton atau naik 5 juta ton dari tahun sebelumnya yang hanya 19 juta ton. Kenaikan target produksi tersebut untuk memenuhi kebutuhan jagung dalam negeri yang masih impor empat juta ton pada tahun lalu.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /