Skenario Terburuk Jika Pajak Hanya Terkumpul 92%, Defisit Melebar 2,23%

Suci Sedya Utami    •    02 Juli 2015 10:26 WIB
apbnp2015
Skenario Terburuk Jika Pajak Hanya Terkumpul 92%, Defisit Melebar 2,23%
Menkeu Bambang Brodjonegoro -- FOTO: Antara/SIGID KURNIAWAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah memperkirakan defisit anggaran hingga akhir tahun akan melebar pada level 2,23 persen. Padahal sebelumnya, Pemerintah optimistis bisa menekan defisit APBN hingga 1,9 persen dari produk domestik bruto (PDB).

"Defisit anggaran di akhir tahun diperkirakan 2,23 persen dari PDB atau Rp260 triliun," kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro saat rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Juli 2015.

Pelebaran defisit dikarenakan sepanjang tahun realisasi belanja negara mencapai Rp1.909 triliun atau 96 persen dari pagu awal Rp1.984,1 triliun. Sedangkan penerimaan negara diperkirakan takkan tembus 100 persen atau Rp1.761,6 triliun. Penerimaan negara, kata Bambang perkiraannya hanya tercapai 94 persen atau Rp1.649,8 triliun. Di mana perpajakan diprediksi hanya mampu tembus 92 persen saja atau Rp1.367 triiun dan PNBP Rp279,4 triliun.

Guna menutupi defisit, Bambang menjelaskan perlu adanya penambahan pembiayaan sebesar Rp38 triliun yang akan diupayakan pemerintah melalui pinjaman bilateral dan multilateral. Bambang menegaskan pemerintah tidak akan menutup defisit dari pinjaman di pasar utang.

"Kami enggak akan cari dari pasar atau menerbitkan SUN tambahan untuk menutup tambahan pembiayaan defisit sebesar  Rp38 triliun," ujarnya.

Hal ini terlihat dari pembiayaan luar negeri yang nettonya di semester satu defisit Rp21,6 triliun dan di semester II akan menjadi positif Rp37,9 triliun karena dilakukan tambahan pinjaman untuk menutupi kekurangan  pembiayaan tersebut. Sehingga dengan demikian pada akhir tahun kita tidak akan mengalami kekurangan cash, dan tetap pada posisi nol di mana antara belanja dengan pendapatan akan ditutup oleh pembiayaan.

"Akan terjadi pelebaran defisit dari 1,9 persen jadi 2,23 persen, tentu ini skenario terburuk kalau pajak hanya capai 92 persen. Tapi tentunya dengan upaya ekstra agar penerimaannya lebih tinggi sehingga defisit bisa diturunkan," pungkasnya.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

5 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /